Tips Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

Posted on

Tips Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

Tips Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

Tips Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri – Suatu waktu nanti, anak dapat menekuni hidupnya tanpa perlindungan Anda sebagai orang tua. Kemampuannya mengambil keputusan, dan keberanian untuk melangkah maju ditentukan oleh langkah Anda mengajarkannya waktu ia menemui pilihan. Coba langkah ini untuk melatih anak supaya lebih mandiri.

Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

1# Beri mereka peluang untuk memilih. Jika anak terbiasa berhadapan bersama beberapa pilihan, ia dapat terlatih mengambil ketetapan sendiri bagi dirinya.

2# Hargai bisnis mereka, sekecil apa pun. Hal ini dapat mendorongnya untuk lakukan sendiri hal-hal kecil.

3# Hindari banyak bertanya. Kalaupun ada hal-hal yang mengidamkan ia ceritakan, biarkan anak bersama sendirinya menceritakan kepada orang tua, tanpa perlu didorong-dorong.

4# Jangan langsung menjawab pertanyaan. Sebaliknya, memberikan peluang kepadanya untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan tugas Anda adalah mengoreksinya andaikan tidak benar menjawab. Jangan lupa memberi penghargaan jikalau ia benar.

5# Dorong untuk menyaksikan alternatif. Sehingga, anak tidak bergantung terhadap orang tua, yang bukan tidak barangkali kelak justru dapat menyulitkan dirinya sendiri.

6# Jangan patahkan semangatnya. Jangan sekali-kali Anda membuatnya kehilangan stimulus tentang suatu hal yang mengidamkan dicapainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *