Nutrisi Balita

nutrisi untuk balita Disini saya akan ditemani istri tercinta Madihah, SKM — ahli Gizi — untuk menjawab pertanyaan Bapak Ibu tentang makanan yang sehat dan zat nutrient yang dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak.

Untuk Masalah Balita Sakit atau Masalah Balita Sehat, mohon ikuti link masing-masing ..

Baiklah bapak-ibu, sudah makan apa saja bayi, balita dan anak kita?

About these ads

218 thoughts on “Nutrisi Balita

  1. Salam dari balikpapan dokter, saya ibu dari 2 org anak. Anak saya pertama laki2 umur 4th. Dan anak kedua saya 2th 10bln. Pada bln februari saya bawa anak saya ke DSA spesialis gastro. Pd saat itu bb anak saya dibawah standar kakaknya hanya 12kg dan adiknya 8kg. Setelah ke dokter anak2 diberi vitamin enzim dan disuruh minum susu n*tr*n. Sebulan bb anak2 naik dengan cepat. Kakaknya bisa 2kg, dan adiknya 1kg. Hingga saat ini anak laki2 saya bahkan bb nya sdh 19kg. Tp sdh tidak mengkonsumsi susu dan vitamin tersebut. Yang jd permasalahan saya knp adiknya bb nya hanya mandek di 10kg saja. Padahal dia msh rutin konsumsi vitamin dan susu tinggi kalori spt nu*tri**drink.
    Itupun setelah disarankan sm dokternya.
    Padahal anak saya yg kedua ini perkembangan nya sangat lancar, bicara nya fasih pada umur 1,5th. Dan tes hormon, tes mantoux, tes darah lengakap semua nya normal.
    Sudah banyak dokter di jakarta saya datangi,
    Maaf dokter kira2 apa yah yg jadi masalah anak saya.
    Saat ini umurnya 2th 10bln, bb 11kg, tb 90cm, lingkar kpl 45cm

    • Kita fokus ke dede saja ya .. nampaknya kaka baik-baik saja. Dalam penilaian saya dari data yang diberikan memang status gizinya kuning (waspada). Lingkar kepalanya juga masih kurang untuk umurnya. Tapi pada usia ini kita masih punya banyak waktu untuk mengejar kekurangannya yang hanya sedikit. Apalagi kalau semua normal dan perkembangannya juga normal. Kemungkinan yang terpikir oleh saya adalah metabolismenya cenderung melebihi dari asupan yang disimpannya. Sehingga badannya tidak bertambah berat. Apakah ibu memantau dengan menggunakan alat seperti KMS? Akan lebih mudah melihat berapa seharusnya pertumbuhan yang diperlukan.

      Saran saya. Pertama jangan belanja dokter. Maksud saya lebih baik berobat ke satu dokter spesialis anak yang mempunyai klinik tumbuh kembang di RS. Dan terus memantau pertumbuhan dan perkembangannya. Kalau ke Klinik Tumbuh Kembang ya tentu saja lebih mudah karena sudah tentu ibu tinggal mengikuti. Di blog ini ada tulisan-tulisan yang linknya saya beri kotak hijau di kanan atas. Silakan di pantau perkembangannya dengan KPSP. Tugas orangtua memang harus tahu perkembangan anak. Dan Pertumbuhannya saya sediakan KMS dalam PDF. Atau menggunakan software anthro WHO 2011 (freeware). Lakukan stimulasi. Sampai dengan umurnya 6 tahun disanalah orangtua perlu berinvestasi terhadap anak lebih dibandingkan umur lainnya. Konsultasikan disini dan di Klinik Tumbuh Kembang.

      • Dokter, kasus ibu cecilia sama dengan anak saya, usianya 26 bulan, beratnya 10,5 kg, makan besar 3-4x sehari susu UHT sekitar 500-600 ml sehari, pernah diterapi jg dengan enzim dan vitamin. pertanyaan saya apakah boleh saat anak susah makan kemudian saya berikan lg enzimnya tanpa konsultasi dengan dokter?
        Terima kasih sebelumnya.

  2. salam kenal dokter. Saya ibu dari akemi umur 2t 2bln, berat akemi sekarang 25kg dan tb 94cm. Akemi termasuk anak yg aktif dok. Yg ingin saya tanyakan apakah akemi termasuk anak obesitas?jika iya kira2 diet seperti apa yg harus saya terapkan untuk akemi dok?terima kasih sebelumnya

    • Kelihatannya memang Akemi memerlukan perhatian khusus untuk berat badannya. Sekarang z-score BB/Unya 7. Padahal maksimal 2. Juga BMI 28. seharusnya sekitar 25 saja. Mungkin penjelasan seperti ini bisa didapatkan lebih lengkap di konsultasi gizi di Puskesmas terdekat. Atau di RS yg menyediakan konsultasi tersebut. Terutama untuk dietnya diperlukan perhitungan. Pada prinsipnya tentu membatasi kalori yang masuk dibandingkan dengan tingkat aktivitasnya. Mohon maaf tidak bisa terlalu jelas karena memang harus dihitung dengan baik dan memerlukan wawancara lebih intens. Ibu bisa menemui ahli gizi atau DSA dengan subspesialis Nutrisi & Penyakit Metabolik.

  3. Dok, anak sy 12 bln. Krn Giginya baru ada 2, dia kesulitan kalau sy kasih makanan yg keras2 (males ngunyah, lgs telan sehingga tersedak). Jadi skrg msh bubur beras merah+daging+sayuran yg di slow cooker lalu disaring. ASI masih full sehari habis 900ml-1 liter.Makannya sih lahap, BBnya 9kg. Tp sy jadi kuatir krn mestinya 1 thn sdh makan nasi tim, gmn menstimulasi dia spy mau ngunyah ya?
    Lalu, apa benar kalau sdh 1 thn hrs campur susu formula krn gizinya lbh baik? Sy sih memang ngga minum tambahan vitamin utk ASI sy, bagaimana bAiknya?

    • Mba Irma,
      Kalo bisa beralih langsung ke makanan lokal tidak perlu menggunakan susu formula kita bisa mengatur menu yang cukup dari segi protein yang harus didapatkan anak usia > 12 bulan.
      Ngga ada cara membujuk anak untuk makan nasi yang lebih baik daripada memberikan nasi itu sendiri dan berhenti mencarikan penggantinya. Nasi yang dihancurkan dengan sendok bisa dimulai. Bubur kasar kalau masih kesulitan. Salah satu yang menyebabkan gigi sulung tumbuh juga karena adanya gesekan makanan-makanan dengan kontur lebih keras.
      Demikian. Semoga bermanfaat.

  4. Minta bantu pendapatnya doc. Anak saya 10 bulan berat hanya 8kg, padahal mam 3x nasi tim saring dan 2x buah serta biskuit 1 keping. Tiap menu makan saya pasti ksh daging ikan atau telur sayur dan bahkan tahu tempe or kacang2an. Menurut dok anak berat badannya d bawah ideal walau tinggi dan lingkar kepala semua normal. Mmg makannya susah, bisa 1 jam sambil di ajak main. Minum susu lebih susah lg saya menggunakan asi donor + menyusu langsung. Kata doc harus di beri susu formula baru bisa lebih gemuk. Tapi anak saya muntah kalau diberi formula. Asi saja setiap pemberian hanya 30cc max diminum dengan gelas, krn dari bayi tidak pernah pakai botol dan hanya menyusu langsung. Saya harus gimana untuk mengatasi kekurangan berat badannya dok. Setiap hari makan dan minum saja penuh perjuangan.

    • Berat badannya masih di pita hijau, jadi belum tergolong kurang. Kalau dalam perhitungan masih -0,56 z-score BB/U. So jangan panik. Belanda masih jauh.
      Kalau ASInya masih mau ngga usah pake formula. Sebenernya akan lebih baik analisisnya bila tinggi badannya disertakan.
      Hehehe .. “penuh perjuangan” .,. jangan-jangan jadi sulit karena belum-belum dianggap sulit sama orangtua. Penting lho bersikap positif, anak-anak usia dini seperti ini peka sekali dengan perasaan orangtuanya :D

      • kasusnya persis dgn anak saya 9 bulan dengan BB 7.5kg, DSA menganjurkan sufor tp anak saya ga doyan. Akhirnya saya cuma tambah yoghurt, keju dan olive oil

  5. sore dok,anak sya albern laki2 umur 13 bulan berat badannya 8,3 kg,gmn y dok untuk menambah berat badan anak saya?karena sejak usia 10 bulan setelah sakit radang tenggorokan makannya jadi agak susah y dok

    • Nasihat sementaranya begini bu Caroline :
      Bila yang dikonsumsi anak pas dengan kebutuhan hariannya maka tidak ada penambahan berat badan. Apalagi bila kurang. Bagaimana nafsu makan Albern?
      Apakah radang tenggorokannya terus menerus? Apakah ada gangguan masuknya makanan karena radang tersebut. Kalau dalam hal ini sebaiknya memang dikonsultasikan dengan dokter SpA atau spTHT. Coba konsultasi dulu dengan dokter anak.

  6. dokter, sya lg bingung bnget. Anakq perempuan usia 20bln bb 7,5kg tb 69cm dlu lahir prmtur 2,2kg tb 46cm. Dia masih asi sampae skg tpi dia gak suka sufor n vitamin tiap hari saya berikan tpi bbnya kok gak naik2 ya dok dlm sbln, pdhl Makannya dia bnyak trus sngat aktf dia sampe2 gak bsa diem anknya. Perkmbgan baek sesuai umur. Dok Pa trmasuk gzi kurang? Trus Bagaimana ya dok supaya bbnya naek?? Saya stres dok bngug..mohon infonya. Trimksh..

    • Untuk Anak BBLR memang memiliki grafik pertumbuhan sendiri. Untuk anaknya (mas?) Hendy, berat badan untuk anak seumurnya jelas sangat kurang, demikian juga tingginya. Tapi proporsi BB/TBnya zscore -0,66, itu artinya masih normal.
      Selanjutnya tentang sufor ngga papa dia ngga suka asal intakenya baik dan jumlah protein yang didapatkan cukup. Untuk mendapatkan kadar yang cukup mungkin perlu konsultasi yang lebih ahli, saya rasa. Mas Hendy bisa mendatangi dokter SpA subspesialis Nutrisi Anak untuk mendapatkan pandangan beliau bagaimana seharusnya dan berapa banyak yang harus dikonsumsi oleh anak.
      Dokter dengan subspesialis tersebut, biasanya ada di Rumah Sakit yang menyelenggarakan pendidikan dokter, Demikian.

  7. Dok, anak saya laki-laki usia 2 thn.
    Perkiraan Berat badan 13kg dan tinggi 85cm
    Dia anak yg aktif, pintar dan lincah, sering bermain, suka main bola, tertawa riang, suka dorong2 barang dan benda disekitarnya, juga memilik rasa penasaran yg tinggi (byk tanya). Dari umur 7 bulan sudah makan nasi lengkap, mau dikasih sop sayur, lauk, tahu, susu uht (uht dimulai umur 1 thn), tapi buah paling hanya jeruk dan jus pokat. Makan nasi 3x sehari, kadang nyemil camilan atau bakwan sayur, dan susu uht 60ml skitar 3 sampai 6x sehari. ASI msh diberikan hingga skrg. Pokoknya dia gampang makan kcuali sdg sakit atau flu.
    Yang saya heran sejak sebulan lalu (di usia 23bln) dia jd tidak doyan makan, pdhal sdg tdk sakit, malah sangat lincah, haduh susah sekali dikasih mkn, paling hanya 3 suap kecil, dia hanya mau minta susu uht skitar 5 sampa 7 kali sehari (1@60ml). Asi paling saat mnjelang tdr siang, sore, sebelum tdr mlm dan ktka mnjelang subuh.
    Padahal dia smakin lincah, tambah rajin main2, yg dulu santun skrg agak jahil (sprti mnarik rambut dan mnendang, pdhal sblumnya tdk).
    Saya sgt sedih dgn pola mkn dia yg hampir drastis brubah 180derajat. Tingkahnya jg brubah,Pdhal kalo ditanya dia sdh bs kosakata bhs.inggris lbh dr 50kata. Tp skrg kalo ditanya suka di-nyelenehin jwbnnya.
    Mohon jwbnya dok, knapa anak sy susah skali mkn dan bgaimana mngatasinya? Karna dia kan mau disapih, tp dgn dia yg susah skali mkn sy jd khawatir dan tdk tega utk menyapihnya, tiap sy tdk ksh asi dia sgt rewel soalnya (mgkin krna mkn yg sdikit itu)M
    Terimakasih byk utk jwban dokter dan istri, mohon pnjelasannya :)

    • Pertama, tentang berat badannya memang memerlukan sedikit perhatian. Karena ini sudah mulai bisa disebut kurang meskipun proporsi terhadap tinggi badan masih baik. Tapi jadi pertanyaan kenapa pake “perkiraan”. apa tidak ditimbang? dan juga berapa bulan persisnya umurnya? Mungkin akan bisa lebih tajam yang bisa saya komentari nantinya.
      Kedua, adik ini memang sepertinya mendapatkan stimulasi yang terlalu dini. Baik dari segi bahasa maupun makanan yang diberikan. Memang kadang kita orangtua ingin anak kita bisa cepat segala-galanya. Dan memang perkembangan syaraf anak mampu menyerap informasi dengan lebih banyak dibandingkan kita orangtua. Namun demikian stimulasi yang seimbang diperlukan agar anak tidak mendapatkan beban terlalu berlebih di satu sisi saja. Bila dilihat kebutuhan stimulasinya menendang dan menarik-narik memang sedang waktunya. Itu harus ketemu penyalurannya. Sebaliknya mungkin dari segi bahasa bisa ngerem sedikit dengan tidak membebani anak menjadi penghafal vocabulary, tapi membawanya bersenang-senang dengan vocab yang sudah ada menjadi nyanyian-nyanyian. KIta karang sendiri juga ngga papa. Lebih enak kan malah notnya ditentukan sendiri. Seindah2 lagu menurut anak adalah nyanyian jantung ibunya pada saat menidurkannya.

      Untuk lengkapnya stimulasi mungkin bisa dilihat di box hijau di bagian kanan atas blog ini. Untuk usia 24 bulan bisa diliat disini dan sebelumnya diukur dulu dengan KPSP 24 bulan. Selamat mencoba.

  8. Dear dokter, usia anak saya saat ini 6bln1minggu,pd saat di timbang BB anak sy hanya 6,3kg dengan tinggi 63cm..apakah itu tergolong normal?tp dibanding bayi seusianya dia paling kecil..saat ini dia msh asi tetapi baru satu kali sy beri sufor selanjutnya full asi lg krn dia tidak mau..untuk mpasinya sudah diberikan 3x sehari (bubur 2x n buah 1x) tetapi kenaikan BBnya minim sekali..mohon suggestnya ya dok..thx

    • Dear Eka,
      Untuk sekarang, sepertinya berat badannya masih cukup baik, sayangnya saya tidak bisa melihat serial dengan bulan lalu, agar tahu pertumbuhannya kurang atau lebih.
      Untuk tinggi badannya yang sudah mesti diwaspadai apakah karena faktor pertumbuhan berat badan yang tidak cukup ini hingga bertumbuh ke atasnya pun kurang. Untuk jadwalnya sudah cukup baik, tapi jangan terburu dijadikan makanan keras ya. dan enaknya anak yang baru masuk jadwal MPASI kita bisa berikan makanan yang rasanya hambar atau tidak manis ke dalam buburnya, misalnya sayuran yang dihancurkan. Karena anak belum membanding rasa. Kalo istilah orang2 tua dulu “jangan dikasih yang enak-enak dulu” maksudnya agar bisa menerima makanan yang beraneka ragam nanti pada saat agak sedikit besar.

      Nanti akan saya buatkan file excel untuk pertumbuhan berat badan yang seharusnya didapatkan anak tiap bulannya. Tinggal memasukkan angkanya nanti akan ada saran yang bisa diikuti. Mohon bersabar menunggu. ikuti post ini yang bagian “Notify me of follow-up comments via email.” Nanti akan saya follow up disini bila sudah tersedia. Trims

  9. Dokter mohon sarannya, anak saya perempuan umur 19bulan, berat cuma 9kg, mkn cm sediki, dr lahir minum asi sampe umur 18bln br disapih karena tdk ♏åù minum sufor, stlh disapih minum sufor tetap susah kdng kalo bangun tengah mlm saya kasi susu uht, gmn ya dokter biar mknnya bisa kuat? Dan minum susu nya jg kuat? Kalo sering dikasih susu uht tdk apa2 ya dokter krn kan susu uht itu lbh manis dr sufor, saya takut nnti anak sy kelebihan gula,

    • Anak usia baduta batita memang baru menemukan dunianya dan mulai eksplore. Biasanya ini akan menyebabkan penurunan berat badan karena aktivitasnya, Sebaiknya untuk pendamping ASI diberikan makanan dengan aneka rasa dulu. Lidahnya harus disiapkan menerima makanan apapun bukan hanya yg manis-manis. Untuk status gizinya masih normal.

  10. Dok, saya ibu usia 43 thn baru memiliki anak laki2 usia 2 th 3 bln beratnya masih 9 kg., tb 80 cm.makan sebetulnya tdk terlalu susah asal dia cocok dg rasanya,dia pasti lahap.susu formula atau yg sejenisnya blm terlalu banyk dia konsumsi krn smp saat ini masih ASI. Di usia ini secara motorik anak sy mengalami keterlambatan di banding anak lain seusianya.misal : belum bisa melompat, berlari dengan cepat, menaiki anak tangga bahkan jalanpun masih sering jatuh. Tetapi di balik ketermbatan secara motorik, anak sy memiliki kelebihan di sisi yang lain.Dia skrg sedang senang belajar membaca dan menulis.bahkan dia jg sdh bisa menggambar mobil. Pertanyaannya, apakah ada hubungannya antara berat badan yang susah untuk naik dengan keterlambatan secara motorik tadi dok?nutrisi seperti apa yang paling tepat untuk anak saya ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya dok

  11. Dok, anak sy Dilla (perempuan) lahir 34w bb 2,5kg tb 49cm. Sempat diinkubator 12hr krn pneumothorax dgn wsd dan longline (smg tulisannya benar) di ketiak.
    Sejak 5m bb susah naik, dan sejak mulai mpasi sering muntah,,umur 1th bb 6,8 lk 44,5cm tb 70.
    Saat ini 15m bb 7,9kg, lk 45cm tb 73cm.
    Makan 4x sehari, nasi lembek+sayur kuah, sarapan oatmeal+ buah,full asi, sesekali uht,,anak aktif,ceria hanya blm bs berjalan, sdh bs rambatan tembok dan mendorong kursi.
    Stlh konsul bbrp kali kata dsa:
    • sistem pencernaanya tidak bs menyerap nutrisi dgn sempurna, jd hanya “lewat” sj..krn itu bb susah naik
    • Otot kaki agak lemas, shg kurang kuat berjalan.evaluasi 1bln, klo blm bs jalan hrs fisioterapi.
    Pertanyaan saya, makanan apa yg nutrisinya bs diserap baik oleh usus anak sy yg immature ini dok? Dan sumber kalsium apa yg baik utk penguatan otot dan tulang kakinya..perlukah vitamin tambahan?
    Maaf dok, “curhat” sy agak panjang..terimakasih apabila dokter berkenan memberi masukan kpd kami..

    • Owalah disini .. saya ngga liat blass .. soalnya tenggelam dengan puluhan comment yang tiba-tiba jadi banyak .. maaf sekali .. semoga sudah selesai masalahnya.

      Masalah anak yang dilahirkan sebelum waktunya memang biasanya organ-organ pada tubuh belumlah lagi siap. Namun demikian bila anak sudah berumur 15 bulan itu udah dari cukup untuk kematangan semua organnya. Sekarang kalau nutrisinya yang belum bisa diserap oleh ususnya bukan karena anaknya masih immature. Tapi mungkin kondisinya dulu sudah berkembang menjadi penyakit lain. Ini yang perlu kita tatalaksana.

      Tentang vitamin, saya rasa semua vitamin dengan kadar cukup itu sudah baik untuk anak. Jadi tidak perlu repot mencarikan vitamin tertentu dengen merk tertentu.

      Tentang lemesnya. Otot kakinya lemes bukan berarti tulangnya kurang kuat dan memerlukan kalsium. Dari vitamin-vitamin yang beredar sekarang mungkin sudah ada beberapa yang difortifikasi dengan kalsium yang mencukupi. Lihat dari label yang ada di botolnya yang menyatakan pemenuhan kebutuhan anak perhari. Pendapat saya hanya karena kurang latihan saja. Dan untuk terlambat juga masih belum telat-telat banget. Untuk status gizinya pada bulan september itu cukup baik kok. memang sudah kuning. Tapi belum bisa disebut sebagai gizi kurang. Masih Normal.

      Demikian. Semoga cukup menjawab walau telat.

  12. dok saya punya anak usia 19 bln,blm bs jalan,tp berdiri udah dr semenjak 12bln,tp berjalan sendiri blm jg,apa yg harus sy lakukan dok mohon bantuannya yah?

  13. Dok, anak saya (umur 3 th, 8 bln, perempuan, berat 19 kg, tinggi sekitar 120 cm)setelah tersedak roti tidak mau makan sudah 5 hr, hanya ingin minum susu (jika tidur) dan air putih. Makanan kesukaannya pun tidak mau. Makanan saya coba blender, tetap tidak mau. Sudah ke dokter langganan, di kasih temulawak, tp tetap tdk mau mkn. Apakah anak saya terkena anorexia? Gimana solusinya?

    • Mungkin sebaiknya harus dengan dilihat apakah ada yang nyangkut di bagian belakang mulutnya. Dan itu perlu ke praktek dokter, mungkin yang pas ke dokter THT. Atau dokter anak. Bila ada yang mengganggu itu bisa menyebabkan tidak mau makan.

  14. Aslm,,,,putri saya 17 bulan berat badannya 8,9kg??apakah normal dok??gimana cara menaik berat badannya dok??masalahnya makannya susah,minum susah formula gk suka.

  15. dokter, anak sy perempuan 7th 9bln dg bb 16kg dan tb 128cm. suka batuk trus muntah kalo terlambat makan, kt dokter asam lambungnya tinggi, dsuruh tertibkan makan dan jaga makanannya. tp akhir2 ini walau makan sudah dijaga dan tepat waktu, batuknya suka muncul terutama klo tidur ato bangun tidur. klo sy telat kasih susu hangat, anak akan muntah kadang sesak napas juga. sy ingin pemeriksaan menyeluruh thd sakit anak sy ini, baiknya dibawa ke dokter anak spesialis apa ya dokter? dan pemeriksaan apa yg bisa dilakukan utk mengetahui seberapa parah kondisinya mengingat bb nya jg sangat kurang.
    trimakasih dokter.

    • Betul sekali, berat badannya kurang. Dan untuk IMT/umurnya -5,08 (normalnya = -1 sd 1). Memang harus dibawa ke Dokter Spesialis Anak, dan saya menyarankan sebaiknya di Rumah Sakit. Karena membutuhkan pemeriksaan Rontgen dan Laboratorium. Karakteristik batuknya mungkin perlu disampaikan kepada dokter.

  16. anak saya perempuan bb lahir 3.2 kg tb lahir 51cm. sekarang 14 bulan. susah makan, tidak mau sufor. bb sekarang 7,3 kg tb 80cm. kalau lapar lebih memilih asi drpd makanan padat. kelihatan kurus sekali. bagaimana mengatasinya dok. terima kasih.

  17. salam kenal dok,
    anak saya laki-laki usia 17 bulan, berat badan 12 kg, tinggi 86 cm. anak saya senang lari-larian, cukup aktif, sudah bisa ngomong beberapa kosakata dengan jelas, seperti mama, ayah, embah. terakhir saya bawa kedokter karena terkena pilek dan batuk (7/12/13), saat itu dokternya menganjurkan agar anak saya memantang/menghindari susu sapi berikut makanan olahannya, cokelat, kripik/kerupuk, debu, asap rokok, bulu, kacang-kacangan alasannya agar anak tidak sering pilek. Saya dianjurkan mengganti susu sapi dengan kedelai. Yang ingin saya tanyakan apakah anak saya pertumbuhannya sudah normal, karena dari lahir memang saya memiliki kendala untuk menyusui, sehingga dari lahir sudah diberi susu formula dan perlukah pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah anak saya memang alergi atau apa sehingga harus mengganti susunya? saya sendiri memiliki alergi debu dan udara dingin.

  18. Salam kenal dok.langsung sj ya,,myboy lahir pd usia kandungan sktr 34minggu dg BL 2,5kg TB 49cm.nah skg usianya sdh 15bln dg BB 9,3kg TB 76cm.dr 9bln keatas sampe slg naiknya susaah skali cm 200/300grsj.padahal mpasinya sampe 5-6sehari dg 3xmakanan utama 2cemilan dg buah jg semuanya doyan.tp memangda masa masa iya mai makan or g sama sekali dok.dan alhamdulillah sampe skg ttp asi tanpa sufor sama sekali,jrg sakit batukpilekpun cuma skli wkt usia 5bln,demam paling pas imunisasi ama pas mau bs duduk,uda bs jalan dg lancar pas usia 12bln giginya jg susahkali numbuh masi 4,hehe.tp ya tu masyaallah g bs diem aktivitasnya jalaaaan trs,mondarmandirlah stlah cek distimulasi usia 15bln alhamdulillah sudahbisa semua untuk usianya.yg bikin sy srg galau dok,dg beratbadannya ini trlihat kurus pa ya 15bln 9,3kg krn klg semuanyapd pke sufor jd sodara2nya pd gemuk en montok semua.sendiri deh anaku yg hanya asi sj dok,tanpapernah komsumsi sufor,palinh ya kuatin mam sayur,buah jd g pke konsumsi vitamin papun..yg sy ingin tanyakan bagaimna untuk menambahkan beratbadannya?krn porsinya uda sy tambahin dg banyak ikan,daging pula.makasi dok

  19. Dear Dokter,

    Putri sya berumur 12 bulan ,11 bulan koreksi karena lahir prematur / dismature diusia 35 weeks degan berat lahir 1240 gr disebabkan IUGR dan preeklamsia, skrng diusianya yg 1 thun bb nya hanya 6.5 kg , TB 69 . LK 43 cm, blum bisa merangkak tapi sudah suka berdiri berpegangan pada kursi.. mkannya sudah nasi tim dan konsumsi asi 200 cc plus 160 cc sufor. namun berat badanya susah sekali naiknya.. dia memang aktif sekali. bila saya harus ke dokter.. harus ke spesialis apa yah ? selama ini dia masih menjalani fisioterapi untuk keterlambatan motoriknya.
    dan satu lagi yang membuat saya sedih tidak berujung, kepala anak sya seminggu sekali kadang sbulan sekali tiba tiba tengleng… kemudian seminggu kemudian kembali lagi tegak .. menurut dokter rehab mediknya dia kaku otot dan disuruh massage, tapi hal ini masih berulang terjadi… mohon sekali pencerahannya

  20. Salam Dok

    Dok, Saya punya anak umur 14 bulan anak nya alhamdullah sehat
    Saya mau kasih scott emulsion atau minyak ikan prolakta for baby
    untuk membantu perkembangan anak saya. Dan mana yang lebih bagus
    Terima Kasih Dok

    Bunda Monik

  21. Selamat siang dokter….saya seorang ibu dari satu anak namanya ezhar…3 bulan ini saya sama suami dibikin stress gara2 berat badan yg gak banyak naiknya slama hampir 4 bulan bb cuma naik 1 kg anak saya usia 7m13 hari dg bb 6,2 tb 64…makannya banyak dok..cuma minum susunya emg gak banyak…gmn ya dok? Apa saya harus ke dokter ahli gizi ato gmn…saya takut kalo ada yg gak beres dg anak saya…tiap hari saya cuma menangis…ke dokter anak juga cuma disarani minum susu sedangkan susah sekali minumnya (sdh melakukan berbagai upaya supaya anak mau minum tp ttp gak mau).mudah2an ada solusi yang lbh baik…makasih dok sebelumnya.

  22. Pagi dok,sy mau ty…anak sy prempuan usia 2 thn 2 bln. BBnya cm 9 kg dan TBnya cm 80…apa anak sy terlalu kurus ya dok?pdhal makan n susunya jg lahap.sy tkt anak sy krg nutrisi…gmn solusinya ya dok???mohon bantuannya.

  23. dok bb anak saya 13,5 bln cm 8,5 kg.. BB Lahir 2,6 kg .. normal ga ya dok? kl untuk anak seumurnya dia termasuk kecil..

  24. siang dok,

    Aku mau tanya docter, anakku laki2 usianya sudah 5 tahun tapi berat badanya terakhir di periksa 13.3 kg tinggi nya 97 cm dan lingkar kepalanya 48 cm. anaknya aktif, tetapi makannya memang susah dan badanya kecil/kurus. Kalau makan hanya masuk 4-5 suap saja. Sudah di beri vitamin nafsu makan, tapi masih susah makan. Docter anak kasih solusi untuk cek /ronsen tulang/bone, dan tes darah dilaboraturium. Menurut dockter bagaiman solusinya?

  25. Aslmkm dok,
    ijin mau bertanya, saya bapak dari putri pertama sekarang usia 8 menuju 9 bln, anak kami ASI Eksklusif dan tidak mau minum susu formula dan sekarang sudang kami beri MPASI 3 kali sehari dan makanan-makanan selingan akan tetapi berat badanx stagnan mulai umur 6 bln berkisar 6,5 kg, anak saya aktif merangkak dan bermain, saya sebagai orang tua sangat khawatir akan perkembangan anak saya karena kelihatan kurus n takut kurang gizi. terakhir kami berusaha konsultasi dengan dokter spesialis anak tapi kami kurang mendapat informasi yang kurang jelas karena dokterx memburu waktu jam buka praktek yang cuma 3 jam saja sedangkan pasiennya sudah banyak dan kami hanya diberi vitamin. Dok yang saya ingin tanyakan apa yang harus kami lakukan dan berikan pada putri kami agar berat badan putri kami naik?

  26. pagi dok,
    saya mau tanya,,anak saya Zahwa umur 22 bulan 3 minggu yang lalu dia mengeluh sakit perut dan berak-berak terus disertai panas yg tinggi mencapai 38,5c, sedangkan beraknya hanya berupa lendir dan kadang ada noda darahnya. kemudian saya bawa ke dsa terdekat, oleh dsa Zahwa dinyatakan terkena disentri kemudian diberi obat dan penurun panas. Setelah obatnya habis sekitar 1 minggu kemudian setiap kali mau buang air dan kentut Zahwa selalu mengeluh sakit perut padahal beraknya sudah tidak berupa lendir tapi masih lunak,, karena kawatir saya kembali lagi ke dsa,,dsa bilang untuk disentri memang butuh waktu lama untuk penyembuhan kemudian Zahwa diberi obat lagi dan skr susunya diganti yang FL ( sebelumnya sejak usia 1th Zahwa mengkonsumsi Morinaga ), Apakah keterangan dan penanganan dsa saya sudah tepat dok??biasanya butuh waktu brp lama untuk penyembuhan disentri??apakah yang perlu dijaga setelah sembuh?? trimakasih

  27. Salam dari balikpapan Permisi, mau numpang tanya dokter.
    Anak saya sekarang usianya 17bulan, berat badannya 8,7 apakah berat nya normal.
    Terus makan nya susah bgt,kadang g mau makan,cuman nyemil2 aja.
    Gmna ya? Ngatasi biar mau makan.
    Susu formula jg g terlalu mau, mau nya asi aja.
    Kira2 gmna ya biar nutrisi nya tercukupi dokter.
    Kira2 susu dan vitamin apa yg bagus ya?
    Mohon infonya dok, terimakasih

  28. Dok, saya mau tanya, saya dan istri sudah bingung dok,konsul kesana kemari. Anak saya umurnya 1thn 8 bulan,beratnya 8kg, tingginya 70cm. Makannya susah banget dok,paling cuma 3 suap sudah, makan sayur sama buah juga susah,terus gimana carannya dok supaya nafsu makan bertambah, vitamin apa yang cocok dan bagus buat anak saya,

  29. bun ank saya 15 bln brt 8,4 kg
    Ssh bgt mkn ,gx doyan ngemil,susu asi jg berkurang,gmn y solusix,klo dikasih vit mau mkn tp klo lm gx diksih ssh lg,mnt solusix bun

  30. Dok, anak saya umur 1tahun 1bln, susah bgt mknnya, mut2tan.. Maunya susu trus, kira2 baik atau tidak si anak kebanyakan mnm susu drpd mkn ? Skrng bratnya 7,kg sekian. Bagaiamana mengatasinya dok,minta solusinya..trmksh.

  31. Ass..dok sehatkah anak sya danis tgl lhr 15 maret 2013 umur 14bln jenis kelamin laki-laki BB 8,8kg TB 73cm gerak anak aktif ada aja yg d kerjain,minum asi tanpa sufor makan susah,setiap makan agak bnyk dikit muntah,klo keseeringan d ksh makan malah tmbh susah makannya pdhl menu udah ganti setiap mkn,nyemil jg g suka,,sya khawatir giziny tdk terpenuhi dok,,mksh sebelumnya dok,,

  32. ass. dr
    anak saya perempuan usia 2 th 5 bln, tinggi anak saya skitar 85 cm berat 11,2 kg. anak saya anak alergi susu sapi, telur dan turunannya, bulu2 kucing dan anjing (pernah dicek alergi di RS). yang saya tanyakan saya ingin menaikan bb tp dy ga suka nasi, sukanya cemilan dan susu nya (susu soya). kiat apa ya DR. utk menaikkan berat badannya, karena terlalu banyak mknan yg cenderung buat dy alergi. mksih

  33. Dok..anak saya perempuan umur 8bln BB 6kg TB 67cm BB lahir 2,8 TB lahir 48cm tidur sktr 12jam sehari…minum sufor frisian baby sehri sktr 600cc makan tim blender 3x sehr @2sdm…yg мαυυ sy tanyakan…BB anak sy susah sekali naek sdh 2bln stag skrg jd terlihat kurus tp dia sehat aktif ceria..kondisi spt ini apakah perlu pemeriksaan lbh lanjut krn DSA anak sy srg ksh vitamin sdgkan scr pribadi sy tdk suka obat2an ??

  34. Maaf dok mnggangu
    Z pux anak usiax 15 blan
    Sjak dia lhir badanx gemuk n sehat brat bdanx pun naik sesuai usia
    Problemx dok sAat memsuki umur 15 blan dia mkin kurus n makanx pun dia lbih ska yg manis” tp krang suka makanan sayur”an
    Jd bgaimn dok spy anak sy bsa sprti smula brbadan gemuk n sehat

  35. sy dari pekalongan,ank sy yg prtama umur 4th tp bbny 12kg…makanny susah bgt,kdang 1hr ga mkn dan kalo mkan cma 2-3sndok,jajannya pun sesukanya kdg es,permen,ciki,dll. kdg minum susu pun yg dwrung2.sy tkut kalo ank sy knp2

  36. Dok,anak sy tb 88cm, bb 12,2kg, wkt lahir bb nya 2,5kg tbnya 47cm..tgg sy 150cm/47kg; ayah 170cm/66kg…normal kah tinggi anak sy?terimaksh dok

  37. Saya seorang ibu dari anak lakilaki usia 14mo. Anak saya aktif sekali. Bb nya saat ini 9.8kg, berat lahir 3.570gr.
    Yg saya ingin tanyakan seberapa besar kebutuhan dasar anak per hari. Jika bs dirinci nasi putih xx sendok, protein xx gr, sayur xx gr. Karena anak saya makannya naik turun.. ada saatnya banyak sekali, tp kalau lg tdk enak badan bisa drop hanya mau buah dan asi saja.

  38. hallo dok mau share nih..anak saya devina lahir tgl 10 januari skrg udh 20bln lebih tp dari umur 18bln bb nya gak naik pas ditimbang pasti cuman 10kg..dia itu susah bgt kalau disuruh makan padahal udah saya kasih vitamin..gimana yaa dok?

  39. Dok,anak saya usia 17 bulan BB 8 kg tinggi 74cm,makan kdg lahap kdg gak.
    Msh asi. yg mau saya tanyakan?bagaimana cara menambah BBnya?makanan atau vitamin apa yg hrs saya berikan tiap hari?
    Skrg sedang program penggemukan badan yg disarankan DSA saya,suruh ksh sufor dan keju,
    Tp dia mau makan keju hanya 2 slise sehari minum sufornya 100 ml 2 kali itu hrs dipaksa,…
    Makan nasi plg mau 2 sendok makan 3x sehari,..
    Tolong dok jawab ya,saya setres berat mikirin anak saya,….

  40. Putri sy kinar 15bln,5 juni 2013..TB:73cm,BB:8,6kg..aktif..!berbagai mcm vitamin sdh sy berikan,pediagrow,biolysin,igastrum,caviplex…tetap gak mau makan,sufornya jg gak doyan,paling doyan hanya minum asi..!sy stress bgt dok klo lg nyuapin anak sy ini,,sy ajak keliling kompleks ktmu tmn2 sebayanya tetap gak mau makan,,!pusiiiinnnggg rasanya,,!gmn dok cara mengatasi ini smua,,?mohon tipsnya dok agar anak sy mau mkn,,trims sblmnya

    • Kinar berdasarkan data yang disuguhkan dalam kondisi yang sangat baik. Dan sebaiknya tidak dibandingkan dengan umur sebayanya.
      Meski demikian ibu bisa ‘mensiasati’ makannya dengan tidak memberikan apapun sebelum dia minta. Kebutuhannya akan menuntutnya untuk meminta. Beberapa kali dia akan minta kesenangannya. ASI. Tapi kalau dicoba terus nanti dia akan terbiasa.

  41. Selamat pagi, Dok.
    Saya mau tanya. Anak Saya Fatih (laki-laki) usia 13bln BB 9kg TB 80cm berat lahir 2,8kg. Apakah brtnya kurang Dok? Karena terlihat kecil jika dibandingkan dg anak sebayanya.Makannya banyak dan variasi 3x sehari.tapi tidak mau sufor maunya ASI. Mnm ASInya jg banyak dan sering bs 10x lebih sehari.
    Setiap habis mandi pagi pasti ngantuk dan lgsg tidur slm 2jam. Setelah itu tdk mau tdr lagi maunya main terus.tdr lagi setelah mkn sore bisa sampai pagi tp kadang2 bangun jm 8mlm tdr lagi jm 11mlm. Apa yg harus Saya perbaiki Dok untuk menaikkan BBnya?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Anak ibu beratnya cocok untuk anak seusianya. Justru kalo dilihat dari tinggi badan dia tergolong ‘jangkung’ … Sehingga terlihat ‘kecil’ atau kurus. Mungkin ada baiknya pengukuran berat badan dan tinggi badannya dilakukan serial. Ibu bisa reply terus disini untuk melihat perkembangannya. Dan mohon saya diinfokan tanggal lahir serta tanggal penimbangan dek Fatih. Terimakasih

  42. Dokter, anak sy dari dia mulai bisa di berikan mkanan smpingan awalnya mkan si tapi smbil nangis.nah stelah sy mencb memberikan nasi biasa dan syur dan yg lain2 dia mkan si tapi sdikit. Smpai skarang umurnya sudah 1 tahun 4bulan dia masi sja sdikit mkan.selalu ASI saja yg di minta.apa tidak jadi mslah dok kalo berat bdanx skrg 10kg gk pernah trun si.tetap naikl walau sdkit.bagaimana cara sy mengatasi nya dok.sy kasian liat dia gk terlalu mkan dok.

    • Kalo berat badan sekarang masih bagus .. Tapi sebaiknya kita memantau bb beberapa titik pengukuran untuk melihat apakah berat adek menurun atau lainnya.
      Untuk konsumsi ASInya tidak masalah. Mungkin cuma perlu memberikan makanan yang beragam. Agar dia bisa memilih. Selanjutnya bisa juga diperiksakan apakah ada penyakit di rongga mulut atau tenggorokan kerongkongan yang menyebabkan dia merasa tidak nyaman untuk makan.

  43. Ass dok
    Nama saya dev! Anak saya ramdhan sudah berusia 16 memang dar! Bayi dia dak mau makan & susu dicuma minum ASI eksklusif dari saya saja mohon saran.a dok
    H!ngga saat ini dia dak makan cuma minum ASI saja dar! Saya dan sekarank dia sakit diare badan.a kurus beratnya kira” 7,5kg

    • Saran saya diarenya diobati dulu. Baru kemudian lakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan dan tolong dimasukkan lagi datanya disini. Nanti akan bisa saya hitungkan status gizinya. Baru setelah itu kita rencanakan apa yg harus dilakukan terhadap Ramdhan. Kalo sekarang yg terbaca cuma sedang berada di bawah garis merah KMS Balita. Demikian, ibu Devi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s