Manfaat Susu Bagi Pertumbuhan Anak

Susu merupakan minuman pelengkap 4 sehat 5 sempurna. Minuman ini memiliki banyak kandungan gizi terutama kalsium yang sangat dibutuhkan anak bagi masa perkembangan dia. Maka dari itu mengkonsumsi susu banyak sekali manfaatnya bagi pertumbuhan anak. Seperti yang dikutip dari Healthline, setiap 100 gram susu mengandung 3,2 protein, 3,3 gram lemak, 61 kalori, dan 125 miligram kalsium. Kandungan protein dalam susu ada 2 jenis, yaitu 80% kasein dan 20% whey protein. Kasein berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang ada dalam tubuh, sedangkan whey protein berfungsi untuk membangun otot terutama bagi anak. Kandungan kalsium pada susu juga sangat diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi anak tetap kuat.

Susu ternyata juga ternyata mengandung insulin-like growth factor-1 (IGF-1). IGF-1 ini juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang bagi anak. Maka dari itu, kandungan IGF-1 ini juga dapat digunakan untuk menambah tinggi badan seseorang. Kandungan ini juga yang membuat bermanfaatnya susu pertumbuhan anak. Asupan kalsium yang cukup diberikan sejak masa anak-anak memang dapat membantu meningkatnya pertumbuhan tulang anak sampai dewasa. Boleh saja memberikan susu pertumbuhan anak demi meningkatkan tinggi badan untuk si kecil pada masa pertumbuhannya. Namun tetap berikan makanan bergizi seimbang, supaya seluruh gizinya terpenuhi. Terutama makanan yang mengandung vitamin D dan protein tinggi.

READ  Mengenal Lebih Mendalam Intoleransi Laktosa

Seorang anak lebih dianjurkan untuk mendapatkan kebutuhan asupan susu, bahkan sejak dia masih bayi yang baru lahir, dimulai dari ASI yang memang mengandung banyak nutrisi sampai pengenalan terhadap jenis susu utuh yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 1-2 tahun. Lemak dan susu sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak anak.

Dalam masa pertumbuhan, anak wajib harus dipenuhi asupan gizinya. Dengan memberikan susu pertumbuhan anak juga disarankan oleh para ahli gizi. Susu mengandung sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan, terutama bagi anak. Selain protein lemak susu juga bagus untuk tumbuh kembang anak. Pada anak-anak, lemak dari susu membantu pertumbuhannya.Tak ketinggalan susu juga sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Di antaranya vitamin yang terkandung dalam susu yakni B12, kalsium, riboflavin, dan fosfor.

READ  ANAK BALITA MUDAH SAKIT KARENA DAYA TAHAN TUBUH MENURUN? JANGAN ABAIKAN KEBUTUHAN GIZI!

Memberikan susu pada anak juga perlu diperhatikan kebutuhannya sesuai usia nya. Sehingga nutrisi pun terpenuhi secara optimal. Takaran susu untuk pertumbuhan anak yakni 2 gelas susu per hari, untuk anak usia 2 -3 tahun. 2-3 gelas per hari, untuk usia 4-8 tahun. Selanjutnya sebanyak 3 gelas per hari, untuk anak-anak yang  berusia 9 tahun ke atas.

Di pasaran hari ini banyak jenis susu, termasuk susu UHT. Jika ingin memberikan susu UHT untuk anak sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsanya juga. Sebabb susu UHT jika dekat dengan tanggal kadaluarsa maka kemungkinan terkontaminasi juga semakin tinggi. Perhatikan juga label keteranagn nilai nutrisi dalam kemasan susu. Pastikan memperhatikan kualitas dan bahan yang terkandung dalam susu. Perhatikan juga rasa susu yang diminum. Seperti susu cokelat yang umumnya mengandung gula tambahan. Tiap satu gelas susu cokelat, mengandung tambahan gula sekitar tiga sendok teh. Sesuaikan juga dengan porsi gula anak yang tidak melebihi 8 sendok teh per hari.

READ  Sebelum semuanya memburuk, lakukan beberapa hal yang dapat mencegah penyakit gigantisme itu sendiri.

Perhatikan kandungan garam pada susu. Jangan menambahkan garam pada susu anak demi mendapatkan rasa susu yang gurih. Jika menambahkan garam pada susu dapat menyebabkan konsumsi garam anak menjadi berlebihan, sehingga meningkatkan risiko obesitas pada anak. Memberikan susu pada anak memang paling pas sebagai pelengkap nutrisi, sesuai dengan porsi yang disarankan.

 

Sumber referensi: hellosehat.com

alodokter.com

 

sumber gambar: hellosehat.com