Ciri-ciri Gagap Yang Bisa Kamu Kenali

Gagap merupakan suatu gangguan yang menyerang fungsi untuk berbicara atau biasa juga disebut dengan gangguan verbal. Saat seseorang merasakan kesulitan saat mengucapkan suatu kata, atau mengucapkannya secara terbata, maupun memperpanjang satu kata yang diucapkannya, hal itu disebut dengan gagap.

Pada umumnya, yang mengalami gagap adalah anak yang usianya di bawah 5 tahun. Hal ini dikarenakan anak-anak masih dalah tahap berkembang mengenai bicara maupun berbahasa. Saat usia anak bertambah, maka gagap yang dialami oleh anak akan berangsur-angsur menghilang dan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, orang tua harus waspada ketika gagap yang dialami oleh anak berlanjut hingga menginjak usia dewasa. Maka dari itu, agar tidak terlambat, ada baiknya untuk segera memeriksakan anak agar mengetahui kondisi anak lebih lanjut.

Jika gagap terjadi ketika seseorang sudah dewasa, maka biasanya disebabkan oleh gangguan otot atau saraf. Kamu harus mengetahu ciri-ciri gagap agar bisa menindaklanjutinya dengan cepat dan tepat. Berikut ini merupakan ciri untuk gangguan gagap yang harus kamu ketahui menurut doktersehat.com.

READ  Terapi Okupasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Ciri gagap yang paling utama adalah sulitnya dalam berbicara. Maka jangan heran jika ada temanmu yang mengucapkan satu kata yang tersendat-sendat, itu artinya ia mengalami masalah gagap. Tidak hanya tersendat, tetapi memang sulit untuk mengucapkan meski kata-katanya sudah terpikirkan dengan baik, serta bisa saja memperpanjang suatu suku kata. Ciri lainnya adalah pada pengidap gagap, tidak pernah menatap lawan bicaranya ketika sedang berkomunikasi.

Untuk ciri-ciri gagap yang terjadi pada fisik seorang pengidap ialah bibir yang gemetar, mata yang sering berair, wajah pengidap yang yang terlihat kaku atau tegang, selalu mengepalkan tangan, dan kedutan yang terjadi pada otot di wajah.  Semakin lama pengidap gagap mengalami masalah ini, bisa menimbulkan masalah-masalah lain seperti stress karena merasakan tekanan-tekanan, mudah kelelahan, atau sebaliknya menjadi lebih bersemangat, serta terburu-buru.

READ  Gagap Adalah Gangguan Yang Perlu Diketahui

Pada orang yang mengalami gagap, meski kesulitan berbicara pada orang lain, tetapi ketika ia berbicara kepada diri sendiri, maka cara bicaranya akan normal dan tidak gagap. Hal tersebutlah yang membuat masalah ini menjadi menarik dibandingkan dengan masalah-masalah lain. Nah, penderita gagap harus cepat dibawa ke ahli medis atau dokter ketika mengalami beberapa gejala seperti gagap yang dialami melebihi waktu 6 bulan, saat usia bertambah justru gagap semakin bertambah buruk. Gagap keluar lebih sering atau setiap kata dan kalimat yang diucapkan oleh pengidap.

Selain itu juga, ciri-ciri gagap yang harus segera melakukan konsultasi pada dokter adalah ketika seorang pengidap mengalami gangguan pada psikis saat mengidap gagap, maka sangat wajib untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk diketahui lebih lanjut lagi kondisi pada pasien. Kondisi-kondisi psikis ini bisa seperti kepercayaan diri yang semakin menurun, merasakan takut saat berinteraksi dengan orang lain, serta merasakan gelisah pula. Kemudian semakin lama, semakin sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.

READ  Sebelum semuanya memburuk, lakukan beberapa hal yang dapat mencegah penyakit gigantisme itu sendiri.

Saat menghubungi dokter dan melakukan konsultasi, ada baiknya didampingi oleh kerabat dan keluarga. Karena setelah berkonsultasi serta tanya jawab, pasien gagap akan lanjut untuk melakukan diagnosis agar penyebab gagap bisa diketahui secara pasti. Setelah selesai melakukan diagnosis, apabila memang diperlukan pasien akan lanjut untuk melaksanakan beberapa terapi yang dibutuhkan.

Karena, untuk obat-obatan bagi pengidap  gagap masih belum ditemukan secara pastinya. Maka dari itu, ketika melakukan terapi memang ada baiknya ditemani dan tidak sendirian. Itulah ulasan mengenai ciri-ciri gagap yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

 

Sumber: intisari.grid.id