Berikan Ungkapkan Cinta Kepada Anak

Posted on

Ungkapan Cinta Kepada Anak

Tak ada ruginya bagi orangtua untuk mengungkapkan cinta kepada anak. Semakin sering Anda mengekspresikan cinta, bersama dengan kata-kata maupun tindakan, anak dapat tumbuh lebih positif lagi. Karena otak anak yang dibanjiri ungkapan cinta dapat tumbuh berkembang menjadi pribadi yang lebih sehat secara fisik, mental, intelektual, dan spiritual.

Psikiater dari klinik Angsamerah, dr Eka Viora, SpKJ, menjelaskan bahwa mengungkapkan cinta tak perlu bersama dengan kata-kata namun termasuk bersama dengan sikap. Ungkapan cinta dari orangtua bermakna dahsyat, sebab anak dapat merasa dicintai. Dampaknya termasuk bukan cuma dirasakan selagi anak tengah bertumbuh. Kebiasaan mengungkapkan dan terima cinta ini dapat membentuk anak menjadi individu yang lebih peka pada orang lain dan lingkungannya. Termasuk termasuk selagi nanti anak berkeluarga.

“Laki-laki (dewasa) yang tidak mudah perlihatkan cinta disebabkan sebab ia tak miliki style yang dikenang selagi kecil. Jadi lihat kembali bagaimana laki-laki diasuh selagi kecil. Jika sejak kecil anak tidak terima ungkapan cinta dari orangtuanya, ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang sukar mengekspresikan cinta. Orangtua yang membanjiri anak bersama dengan bersama dengan kata cinta menjadi pembelajaran bagi anak untuk mengungkapkan cinta,” menyadari dr Eka dalam bincang-bincang bertema “Mengungkapkan Cinta pada Pasangan dan Anak” yang diselenggarakan Kompas Female dan klinik Angsamerah di Supermal Karawaci, Tangerang, Minggu (13/2/2011) lalu.

Selain kata-kata cinta seperti menjelaskan “Ayah cinta kamu, Nak” atau “Ibu sayang kamu, Nak” Anda mampu mengungkapkan cinta bersama dengan banyak cara. Dr Eka sharing caranya:

1. Selalu berikan pujian

Tak ada batasan untuk memberikan pujian. Memuji anak terus-menerus tidak mempunyai pengaruh negatif bagi anak. Menurut dr Eka, orangtua biasanya pelit memuji anak sebab menganggap anak lakukan suatu hal yang menurut orangtua biasa saja, dan sudah menjadi kewajiban anak. Orangtua lebih sering mengkritik, menyalahkan seandainya anak lakukan yang tidak sesuai bersama dengan permohonan orangtua. Jadi, berilah pujian sesering kemungkinan kepada anak, kata dr Eka.

2. Lakukan kesibukan khusus bersama dengan tiap tiap hari

Ciptakan sedikit saja dari selagi Anda yang berharga, tiap tiap harinya, untuk lakukan kesibukan khusus bersama dengan anak. Seperti bermain, mendengarkan musik favorit, lihat acara televisi favorit anak, atau berpelukan di bawah selimut yang hangat dan nyaman.

3. Buat pesan cinta

Buatlah catatan kecil berisi pernyataan cinta untuk anak atau pesan cinta. Contohnya bersama dengan menuliskan kata-kata “Mama sayang kamu”, menempelkan huruf magnet di pintu lemari es bertuliskan pesan serupa, menghadiahkan anak bantal berwujud hati, atau membawa dampak kue bersama dengan loyang berwujud hati bertuliskan “I Love You”.

4. Penuhi kegemari anak

Mengungkapkan cinta termasuk mampu dikerjakan bersama dengan mencukupi kegemaran anak. Buatkan masakan kesukaan anak, bacakan buku atau dongeng yang disukainya.

5. Berikan ciuman

Cara lain mengekspresikan cinta kepada anak adalah bersama dengan tindakan sederhana, menciumnya. Berikan ciuman kepada anak lebih sering.

6. Berikan pelukan

Peluk dan dekap anak bersama dengan hangat, sambil membelai rambutnya atau memijat kakinya.

7. Berikan suatu hal yang khusus

Tak ada salahnya memberikan suatu hal yang khusus kepada anak yang di luar dari kebiasaan. Bentuknya tak perlu berwujud barang. Misalnya, membolehkan anak lihat televisi lebih lama dari biasanya.

8. Perhatian khusus

Jika anak miliki kakak atau adik, berikan perhatian khusus atau penuh kepadanya selama sebagian saat.

9. Tepuk tangan Anda bermakna

Berikan tepukan tangan penanda apresiasi Anda kepada anak selagi anak mengerjakan suatu hal bersama dengan baik atau sesuai permohonan Anda.

Anda pasti mampu menemukan banyak cara lainnya selama 365 hari dalam mengungkapkan cinta kepada anak.

[Kompas]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *