Tahapan Umum Perkembangan Bicara Pada Anak

1737422pOrangtua sebaiknya mengetahui tahapan perkembangan kemampuan bicara anak. Jadi, ketika terlihat ada yang tidak sesuai dengan tahap usia, mereka bisa segera mencari solusinya. Tahap perkembangan bicara anak secara garis besar adalah sebagai berikut:

* Sebelum 12 bulan

Perhatikan apakah si kecil mulai menggunakan suara mereka untuk “berkomunikasi” dengan lingkungan mereka. Tahap awal perkembangan bicara adalah mengoceh (babbling).

Seiring pertambahan usia (di usia sekitar 9 bulan), anak-anak mulai menggabungkan suara dan mengucapkan kata seperti “mama” dan “dada” (tanpa tahu maknanya). Dan, sebelum usia 12 bulan, anak mulai lebih tertarik begitu mendengar suara.

Anak-anak yang kelihatannya memandang sesuatu tapi tanpa bereaksi harus diwaspadai sebagai tanda kehilangan pendengaran (hearing loss).

* Usia 12-15 bulan

Di usia ini anak-anak mulai menguasai satu atau dua kata bermakna (di luar kata “mama” atau “dada”). Biasanya kata-kata awal yang mereka kuasai adalah kata benda. Mereka juga mulai mengerti dan mampu mengikuti perintah sederhana, seperti, “Mama minta bolanya, ya?”

* Usia 18-24 bulan

Anak memiliki sekitar 20 kosakata di usia 18 bulan, dan berkembang menjadi 50 atau lebih kosakata ketika berusia 2 tahun. Di usia 2 tahun, anak juga mulai belajar menggabungkan 2 kata sederhana. Mereka mulai bisa mengikuti 2 perintah sekaligus, misalnya, “Ambil bolanya dan toling berikan kotaknya, ya.”

* Usia 2-3 tahun

Orangtua seringkali menyaksikan “ledakan” kemampuan berbahasa anak di tahap usia ini. Kosakata mereka meningkat tajam. Secara rutin, mereka juga mulai menggabungan 3 atau lebih kata menjadi 1 kalimat. Misalnya, “Letakkan di meja, ya?” Mereka juga mulai bisa mengenal warna dan konsep perbandingan (besar-kecil).

About these ads

About Klinik Tumbuh Kembang

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

22 thoughts on “Tahapan Umum Perkembangan Bicara Pada Anak

  1. maaf dok mau tanya, kalo perkembangan bicara anak yg berkebutuhan khusus mungkin tidak spt di atas ya. Misal anak sy DS skr umur 5 th lebih bicara nya msh blm jelas. Apa mmg anak DS spt itu ? Terimakasih

    • Ya, kalau anak dengan kebutuhan khusus memang berbeda di bagian perkembangan bicara bahasa dan sosialisasinya. Mohon maaf saya belum sempat membahas sampai kesana.

  2. Dok, mohon rekomendasi klinik / RS untuk anak saya yg telat bicara usia 3th di semarang.terimakasih

  3. anak saya umur 3th tapi bicaranya masih pelo,baru mengenal 1 warna yaitu coklat bagaimana itu dok? says:

    anak saya umur 3th tapi bicaranya masih pelo,anak saya baru mengenal 1 warna yaitu coklat,bagaimana itu dok?

  4. dok, mohon sarannya..
    anak saya laki-laki usianya 23 bulan.. tetapi bicaranya masih belum jelas.. paling jelas hanya mam, nggak, mama dan papa..
    kata orang kalau lebih dahulu jalan mk bicaranya terlambat, dan kalau laki2 biasanya memang lambat..
    mohon masukkannya ya dok
    dan klinik terapi wicara apakah ada di cikarang ..

    Terima kasih
    magda

  5. Selamat siang dok, saya ibu seorang putri berumur 17 bulan pas tgl 15 januari, untuk perkembangan jalan sudah lancar malah sudah suka pakai sendal yang besar, gigi sudah 5 diatas 3 dibawah 2, berat badan kurang lebih 10.5 kg. untuk perkembangan bicarai baru mengoceh keluar kata mamah, pah, tapi untuk perintah bisa mengerti misal tolong adek duduk, pake sepatunya, atau ade mau makan mengangguk ataw menggeleng. kemaren saya cerita de dokter THT tapi beliau belum lihat langsung putri kami, kami di kasih surat rujukan untuk Test BERA di RSCM,
    Mohon saran dari dokter apakah masih wajar atw kami lebih baik kami ikutin Test tersebut, jujur kami ragu menurut orang sekitar kami orang tua dan saudara katanya tunggu aja pasti nanti bicara.
    Terimakasih atas tanggapan ddan saran dari dokter.
    Wassalam
    MM litfi

    • Kok rasanya agak kecepatan ya ditest BERA. Bagaimana kalo dibawa ke RSCM tapi ke poli tumbuh kembangnya dulu. Belum tentu ada kelainan, Memang mestinya dilihat langsung. Saya juga tidak menganjurkan menunggu. Karena kalau memang benar ada kelainan harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anak kurang bisa bicara bisa saja semudah tidak ada yang mencereweti di rumah. Demikian.

      • Terimakasih dokter atas tanggapannya dan informasinya, benar juga saya yang kurang memberi stimulasi ke anak kami, karena saya bekerja dan anak kami di asuh sama pengasuh, insya allah saya harus meluangkan waktu untuk banyak ngajak bicara, kalau dokter punya rekomendasi untuk terapi wicara saya tinggal di daerah pasarrebo, jakarta timur, Apabila tidak ada perubahan secepatnya kami akan bawa ke RSCM ke klinik tumbuh kembang.

      • Terapi bicara paling baik adalah keluarga terutama ibunya sendiri. Bukan main-main bila dalam bahasa disebutkan sebagai bahasa ibu (mother tongue). Biasanya bersama anak ibu akan ikut berlatih. Tapi putri ibu sebaiknya dibawa ke Poli Tumbuh Kembang dulu saja. Karena di dalamnya terapi sederhana dalam melatih bicara juga banyak. Untuk menghilangkan penasaran di Gramedia juga banyak buku-buku tentang terapi bicara yang bisa menambah pengetahuan. Saran saya : ikut sesi poli tumbuh kembang saja dulu. Update ya bila sudah ada kabar lebih lanjut. Terimakasih

  6. Selamat Sore Dok, putra saya tgl 21 februari nanti genap berusia 23 bulan, tapi sampai sekarang bicarany belum jelas, masih banyak mengoceh sendiri dan menyebutkan amamama atau kata aku, aku, aku,untuk mengekspresikan sesuatu, tapi untuk perintah-perintah sederhana, dia sudah mengerti, tapi sangat sulit untuk membuat dia menirukan apa yang kami, orangtuanya, ucapkan. terkadang kami mendengar dia menyebut kata ami, api, kakak, dan yang terbaru kemarin dia menyebutkan tiki untuk menyebut tv, apakah masih normal dok, ataukah termasuk terlambat. kadang-kadang saya suka bingung apakah kata yang keluar dari mulutnya memang benar dimaksudkan untuk itu ataukah kebetulan saja. sebagai bahan pertimbangan, saya adalah ibu yang bekerja dok, dan putra saya ini sampai usia 16 bln diasuh oleh nenekny sendirian saja, jadi mungkin memnag kurang diajak bicara, sekarang neneknya sudah meninggal, skr putra saya dirawat oleh mama saya, bersama dengan keponakan saya yang lain, terima kasih sebelumnya atas sarannya ya dok

    • Lha itu masalahnya langsung kelihatan. Ya mungkin karena jarang diajak ngobrol. pertumbuhan otak di 3 tahun pertama itu ~ 80%. Jadi otak tumbuh terus. Pada saat itu kalau kita menstimulasi dengan tepat, bahan dari stimulasi ini akan terus terbawa sampai dia dewasa. Di bagian atas blog ini ada box hijau di sebelah kanan. Coba klik berdasarkan umur. BIla belum mampu mengikuti turun satu step dibawahnya. Nanti kita evaluasi lagi. Mohon maaf stimulasi adalah keharusan. Saya tidak bisa mengurangi itu meski ada alasan ibu bekerja. Apa yang kita investasikan untuk bekerja justru pada usia ini lah penting2nya diberikan. Demikian.

  7. Dok saya mau tanya, anak saya laki2 usia 3,5thn tapi sampai saat ini bicaranya blm jelas. Kosakata nya sdh banyak tapi msh blm jelas ex: bola jadi bowa, mobil jd mbim dll.
    Dulu wkt usia menjelang 1thn suka ngoceh tapi pas menjelang 2thn tiba2 dia jarang sekali ngoceh, menjelang 3thn br mulai bicara lagi.
    Secara fisik anak sy termasuk gemuk dan aktif, bahkan kemampuannya motorik kasarnya melebihi anak2 seusianya, nilai KPSP 9.
    Yg sy takutkan sbntr lg dia menginjak usia 4thn dan mulai memasuki dunia pendidikan, sy takut dia merasa minder krn menurut beberapa artikel yg sy baca anak yg terlambat bicara maka akan agak lambat juga pemahamannya dlm bidang huruf dan angka dibanding anak2 seusiannya.
    Mohon penjelasan dan solusinya Dok, sebab sy sangat khawatir dgn kondisi anak sy… :(
    Kalau memang perlu di terapi wicara mohon info alamat lengkapnya. Sy tinggal di daerah kampung rambutan jakarta timur. Terima kasih

  8. Dok anak saya Umur 3,5 thn,sampai sekarang ngomongnya masih susah…terkhir udah saya periksakan ke dokter anak tidak ada gangguan.Dokter THT jg tidak ada gangguan tetapi sampai sekarang masih susah ngomongnya.untuk respon bagus setiap apa yg kita ajukan / perintah selalu di laksanakan dan paham apa yg kita instruksikan….Apakah bisa di katakan anak saya termasuk spec delay

    • Speech Delay belum tentu karena gangguan pada telinga. Apakah anak cukup diberikan stimulasi bicara? Kebanyakan speech delay yg dikeluhkan ke saya ternyata anak tidak di asuh oleh ayah ibunya sendiri. Dan yang mengasuh juga tidak rajin mengajak berbicara. Sebaiknya bila ingin melanjutkan berkonsultasi cari klinik tumbuh kembang di bagian anak RS yg cukup besar. Nanti akan ada tips yang lebih terarah untuk anak bapak.

  9. Ass. Dokter agus yang baik, mohon maaf lahir bathin.
    Terimakasih atas forwat dr temen2 yg. selalu dr kirim ke saya, setiap ada kiriman email dari dr agus membuat saya semakin semangat memperhatikan tumbuh kembang putri kami. Saya juga pingin laporan perkembangan putri cantuk kami naura, alhamdulilah sekarang sudah 2 tahun dok tepatnya kemaren tgl. 15 Agst dan subhanallah dengan saya telaten di rumah belajar dan saya ikut terapi wicara 1 minggu 1 jam mulai dari tgl. 16 juni atas saran dari team Klinik tumbuh kembang RS Harapan Kita setelah observasi kurang lebih 1 jam anak kami mengalami terlambat bicara, mundur 3 bulan dari usianya , waktu itu usianya 22 bulan kemampuan bicara umur 18 – 20, sekarang alhamdulilah sudah banyak kosa kata tidak ada, pergi, makan, mamah cucu(susu), mbak untuk nyebut yang momong dan angka satu spe lima walaupun kadang hanya belangnya misa ning u kuning rah untuk merah, kalau saya cek dengan Screning yang dr agus ada hanya 1 point yang saya ragu yaitu trun dari tangga masih bikin kita deg-degan karena tangga saya di rumah agak miring banget, Terimasih banyak dok semoga untuk perkembangan yang selanjutnya saya sebagai orang tua hrs terus memantau perkembangan tanpa alasan apapun demi punya anak yang sehat, cerdas dan sholehah amiin, Dok saya pingin tahu status gizi naura data apa aja dokter perluakan ,saya dibuatkan perkembangan gizi.

    • Bagus. Tetap semangat Mama Naura. Dan sebisanya perkembangan anak, orangtua sendiri yang mengawal. Untuk status gizi yang saya perlukan data Berat Badan, Tinggi Badan, Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin. Ini sudah terjawab 2 jadi tambahannya tinggal BB dan TB, serta tanggal pengukurannya.

  10. Dokter, anak sy 32 bulan, laki2, belum banyak kosakata nya, kalau pun ngomong sesuatu jg belum jelas, bola jadi owa, mau jadi au, jatuh jadi ato. Anak nya ga mau niruin klo di ajari mengucapkan kata, klo di ajak ngobrol sering tidak fokus/tdk mau dengar. Kadang mengertibeberapa perintah, kadang mau nurut tapi kadang juga tidak. sdh sy masukkan ke paud, jalan sekitar 3 minggu, blm ada perubahan. Bisa minta info klinik tumbuh kembang di surabaya? Makasih

    • Ada beberapa klinik tumbuh kembang di Surabaya. Yang paling recommended ya pastinya milik RS Soetomo. Karena disana berkumpul orang-orang hebat dari tumbuh kembang.

  11. Dok anak saya laki” umur 27bulan, tapi sampai sekarang bicaranya masih belum bisa, bicaranya tdk jelas, contohnya kalo bilang cicak dia bilang yiya. kalo sudah main sendiri kalo dipanggil kadang” mau menoleh kadang ndak mau merespon lebih banyak ndak meresponnya, kurang bisa bergaul dengan lingkungannya mau hanya dengan org” yang sudah dikenal saja
    perlu diketahui anak kami ini lahir kembar prematur 7bulan yang satunya cew sdh cerewet bicaranya, berbeda jauh sekali dengan yg cowok
    saya orang tua yang bekerja, jam 6 sore baru bisa berkumpul dengan anak” saya, setiap hari anak saya cuma diasuh sama susternya aja
    apakah anak saya ini tergolong terkena autis atau gimana, saya tinggal di makasar, kira” apakah Dokter bisa merekomendasikan dimana saya bisa bawa putra saya buat konsul ataukah saya harus bawa ke jakarta untuk konsulnya
    Terima kasih sebelumnya buat petunjuknya

    • Sayangnya cukup banyak yang belum jelas ya .. belum bisa bicara bisa ditimbulkan dari beberapa sebab. Misalnya pendengaran yang belum berkembang sempurna, atau malah tidak diajak berbicara bisa jadi salah satu penyebab.
      Untuk konsultasi lebih lanjut sebaiknya ke rumah sakit besar. Misalnya RS Unhas mungkin lebih lengkap untuk alat-alat. Untuk rujukan propinsi bisa ke RS Soetomo, Surabaya.
      Demikian.

  12. slmt pagi dok..saya punya anak usianya sdh 6th.tp blm bs bicara..baru bisa bilang.mama, ibu, kuda, papa, om..saya sudh membawanya ke RS.Hasan Sadikin Bandung.dkter bilang pendengaranya kurang..tp dkternya tdk bilang hrz trapi…saya lgi cari tempat terapi/ pengobatan alternatif bwt anak saya…saya tinggal di daerah cimahi selatan bandung..

  13. Dok, anak saya usia 21 bulan, putri. Secara sikap sangat aktif, bisa jalan usia 16 bln. sampai saat ini blm bisa berbicara yang membentuk kata. paling bisanya kata “YA”, “emoh”(dlm bahasa Jawa berarti tidak). sedang kata yang lain belum bisa. Kadang sudah bisa diperintah untuk beberapa hal, misal diajak salaman, tangan melambai tanda “dada”, cium jauh, nunjuk kepala untuk kata topi, dan mudah menirukan bebrapa hal. tapi krn blm bisa bicara, saya jd kuatir dok sudah pernah sy konsultasikan k dokter anak, katanya harus byk distimulus dgn perintah mengambil suatu barang dan jg bermain lego untuk belajar fokus. apa saran lain untuk anak saya dok? trimaksih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s