Duduk, Berdiri dan Merangkak ?

Dok, mau nanya. Anak sy laki2 umur 7 bln, 3 mngu, perkembangannya sampai saat ini :
- belum tumbuh gigi
- belum bisa duduk sendiri (kalau dibantu cuma bisa duduk sekitar 15 detik)
- belum bisa merangkak, tapi kalo merayap gerakannya cepat dan lincah (sudah bisa merayap sendiri keluar kamar dan explore seluruh ruangan di rumah)
- sekarang hobynya manjat2 badan org yg lg duduk atau tiduran dekat dia, sampai dia berdiri, dan mulai manjat2 meja.
Apakah perkembangan anak saya ini normal dok (KPSP 6 bln, hasilnya YA semua), sebab yg seumuran dia udah bisa duduk atau merangkak, atau tumbuh gigi. Saya pernah baca katanya setiap bayi harus melewati fase duduk dulu baru berdiri, kalau fase duduk dilewati katanya mungkin ada masalah pada otot atau sarafnya.

Mohon penjelasannya dok, Thank’s

Pak Daddy,

Masalah Gigi

Tidak semua anak tumbuh pada umur 6 bulan atau sebelumnya. Anak saya yang terakhir juga baru di umur 7-8 bulan. Ya, kita juga khawatir dulu itu. dalam literatur memang disebutkan tidak sama di setiap individu. Mungkin belum saja. Mari kita lihat 2-3 bulan ke depan.

Masalah Duduk Merangkak Dan Berdiri

Yang ini juga tidak semua berasal dari duduk, merangkak terus berdiri .. bisa saja satu mendahului lainnya. Atau dilalui dengan cepat. Ada anak yang habis duduk langsung berdiri, tapi kemudian hari dia senang explore ruangan dengan merangkak. Jadi jangan khawatir biarkan saja.
Yang perlu dijaga justru benda-benda yang mudah pecah dan stop kontak yang berada di bawah. Untuk stop kontak, bila tidak digunakan sebaiknya dibelikan yang kosongan. Jangan sekedar di plester. Ada anak2 yang masih senang ngupasin plaster lho.

Masalah Perkembangan

Melihat yang Bapak ceritakan sepertinya bisa dikatakan normal. Memang untuk putranya masih harus diukur dengan KPSP 6 bulan. Tidak adil kalo umurnya belum sampai 9 bulan diukur dengan indikator yang disitu. Meskipun seringkali orangtua mencoba-coba pada anaknya. dan kadang2pun ada anak yang sanggup melampaui.
Pada prinsipnya yang perlu kita lakukan adalah agar setiap aspek yang dipantau dapat berkembang dengan baik. Dan tidak ketinggalan (dilihat dari KPSP). Untuk sementara sekarang sebaiknya Stimulasi untuk anak umur 6-9 bulan terus dilakukan oleh bapak-ibu berdua. Usahakan sehari tidak kurang dari 1-2 jam bersama dengan anak. Perhatikan prinsip-prinsip melakukan stimulasi dan nanti pada saat usianya sudah 9 bulan baru diterapkan KPSP 9 bulan.

Demikian. Semoga memuaskan.

dragus.cn, other pieces of mine

About these ads

About Klinik Tumbuh Kembang

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

2 thoughts on “Duduk, Berdiri dan Merangkak ?

  1. Makasih banyak ya dok atas penjelasannya. Dok kalau anak saya merayap dengan perut nempel dilantai (kaya tentara) apakah itu termasuk kategori merangkak. Ataukah yg masuk kategori merangkak itu harus dengan mengangkat badan/perut dan bergerak dengan bertumpu pada lutut dan tangan.

    • Merayap termasuk dalam perkembangan fungsi motorik kasarnya. Anak saya juga melalui fase yang sama. Merayap dulu, baru merangkak, berdiri. Duduk yang bener malah baru setelah mahir berdiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s