Apa yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi 1-4 Bulan?

1242421p

Di usia 1-4 bulan, bayi berkembang sangat pesat. Anda akan menyadari, di usia sekitar 2 minggu, ia sudah bisa memerhatikan wajah Anda, dan pada minggu keenam, ia sudah mampu mengenali Anda, bahkan tersenyum pada Anda. Bayi-bayi pada usia ini terlihat sudah lebih kuat dibanding sebelumnya. Jika sebelumnya ia akan banyak menangis dan Anda tak mengerti alasannya, di usia ini, hal itu akan berkurang, karena ia sudah terbiasa dengan dunia, dan Anda sudah lebih terbiasa dengannya.

Anda akan melihat bahwa ia sudah lebih mengenali dirinya dan sekitarnya saat ia beranjak tumbuh. Semakin mendekati usia 4 bulan, Anda akan melihat beberapa aspek perkembangannya. Misalnya, di usia 6 minggu, Anda akan mendengar perkembangan suara-suara, mulai dari tawa kecil, suara “ooo”, yang tergabung dalam tangisnya untuk menarik perhatian Anda. Ia akan sangat menyukai kegiatan petak umpet atau kejutan-kejutan kecil. Mendekati usia 3 bulan, Anda akan melihat ia mencoba mengangkat kepalanya saat ia tengkurap, dan ia akan berusaha mengambil barang berwarna-warni yang Anda letakkan di dekatnya.

Tanda-tanda perkembangan lainnya:

  • Ia akan berusaha bermain menggunakan tangan dan kakinya.
  • Ia akan berusaha menggenggam mainan yang Anda letakkan pada telapak tangannya.
  • Ia akan suka melihat benda-benda yang bergerak, dan mencoba mengamati mainan yang bergerak, ia akan memperlihatkan ketertarikan pada benda yang tergantung atau bergerak.
  • Ia suka mencoba melakukan bunyi-bunyian, serta berbicara dengan Anda menggunakan suara-suara yang berbeda. Jadi, saat Anda mencoba berkomunikasi dengannya, berikan kesempatan baginya untuk menjawab atau merespon Anda.
  • Para bayi di masa ini akan mulai memperlihatkan kesukaan kepada orang-orang yang mereka kenal dan sukai. Ia akan menangis saat orang yang tak ia kenal menyentuhnya. Ia juga akan mulai menangis atau gelisah saat berada di suasana yang bising. Mereka juga akan mulai terbiasa akan hal-hal kesukaan mereka.

Perkembangan fisik

Bayi pada usia ini sudah bisa:

  • Menyangga kepalanya menggunakan lehernya sendirisaat Anda menggendong tubuhnya.
  • Dia sudah bisa mengangkat lehernya saat tengkurap, bersandar pada sikunya, melengkungkan tulang punggungnya, serta menggoyang-goyangkan tubuhnya maju-mundur.
  • Mengayunkan lengan dan kakinya saat berbaring telentang.
  • Saat dibantu, ia seharusnya sudah bisa diangkat untuk duduk.

Bermain:

Bayi Anda belum butuh banyak mainan, namun Anda akan butuh beberapa obyek di sekitarnya yang bisa ia perhatikan, sentuh, dan tertarik. Hadapkan ia di depan cermin, dan katakan apa yang Anda lihat. Bernyanyilah, bicara, bermain petak umpet, sembunyikan barang dan timbulkan kembali di depannya. Bayi-bayi di usia ini belum menghargai barang-barang yang ada di sekitar, namun dengan permainan sembunyi dan muncul kembali itu, ia akan belajar.

Ikuti kemauannya:

Bayi-bayi muda memiliki kemampuan untuk berfokus yang singkat, saat ia merasa sudah terlalu banyak informasi atau bosan, ia akan memalingkan wajah, menutup mata, menangis, atau tertidur. Saat Anda berbicara atau bermain dengan anak, ikuti kemauannya dulu. Jika ia memalingkan wajah, jangan memaksanya untuk mengikuti kemauan Anda, bersabarlah, sesudah ia beristirahat beberapa detik, ia akan kembali lagi pada Anda.

Kebanyakan bayi di usia ini masih enggan untuk pergi tidur di malam hari, dan normal untuk Anda masih menemani mereka tidur di usia ini. Anda disarankan untuk menciptakan semacam rutinitas sebelum tidur, yang akan membantu Anda bersantai dan membantu Anda memiliki waktu untuk Anda sendiri. Anda bisa menciptakan waktu tenang di sore hari dengan menonaktifkan televisi saat memandikannya, lalu tenang saat memberinya makan malam, diikuti dengan waktu tenang, lalu membaringkannya. Bayi di usia ini akan merespon baik pada pola rutinitas semacam ini.

Mengajaknya bersosialisasi:

Bahkan bayi kecil pun akan sangat menyukai perjalanan keluar rumah, perubahan atmosfer, dan wajah orang. Ajak ia berkeliling lingkungan rumah di sore hari, Anda akan bertemu dengan ibu-ibu lain dan anak mereka.

[kompas.com]

About these ads

About Klinik Tumbuh Kembang

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s