Masalah tumbuh kembang bayi prematur

Bu Maria menanyakan

Assalamu’alaikum wr wb
dr Agus, bayi saya usianya sekarang 14 bulan. Lahir pada usia kehamilan 34 minggu dg cara cesar dengan berat lahir 2,3 kg. Menurut saya, anak bungsu saya ini cenderung lebih mudah sakit dibanding kakak2nya. Apa karena lahir prematur ya? Tapi perkembangan fisik dan mentalnyanya normal. Gigi pertama tumbuh pada usia 8 bulan, mulai berjalan di usia 13 bulan. Sudah bisa ngomong beberapa patah kata dengan lengkap, misalnya mama, bapa, aa, kai, nini, mama, mimih (pipis), minta, dadah, dsb. Tapi berat badannya lambat sekali. Sekarang baru 8,2 kg. Normal kah anak saya? Terima kasih.
Maria

Salam kenal bu Maria, [ternyata teman lama yang di FS]
Wah sekarang saya dikasih pe-er tentang BBLR (berat bayi lahir rendah) dan tumbuh kembang bayi prematur .. oya untuk tambahan dulu .. 

  • usia bayi adalah 0-11 bulan. Sejak lahir sampai dengan 11 bulan 29 hari. Begitu dia usia 12 bulan, kita biasanya menyebutnya sebagai anak.
  • usia anak  terjadi perselisihan dalam menentukan usia anak, ada yang usia 18 tahun (ini standar international), yang umum dipakai usia 12 tahun, ada juga yang usia 15 tahun.
  • Ada istilah baduta (bawah dua tahun, seperti anak ibu) dan batita (bawah tiga tahun).

Sekarang tentang pertanyaannya ..
tentang pertumbuhan bayi lahir prematur
Bila bayi lahir dengan berat kurang dari 2,5 kg maka dia tergolong BBLR. Artinya semua resiko BBLR sangat mungkin dideritanya terutama kedinginan (hipotermi). Tapi dengan penjagaan yang baik biasanya masalah ini akan segera berlalu .. Namun demikian tentu saja berat badan sekarang jadi masalah. Bayi BBLR tidak sama dengan bayi ‘biasa’, bila ibu memiliki (harusnya sih memiliki) KMS, maka mungkin anak BBLR biasanya akan mengikuti pertumbuhan dengan berada di pita kuning atau hijau muda. Namun selama masih mengikuti jalannya pita anak ibu masih bisa digolongkan normal.
Untuk anak yang berumur 14 bulan dengan berat badan 8,2 kg, secara umum, bila dia laki-laki maka ini bisa digolongkan gizi kurang, untuk perempuan masih gizi baik walau udah cukup dibawah. Namun demikian jangan kecil hati, karena seperti yang saya jelaskan terdahulu, asal perkembangannya mengikuti pita KMS masih tergolong normal.
Sulitnya tidak ada data lengkap dari anak ibu (jenis kelamin, BB tiap bulannya, tinggi badan) jadi untuk pertumbuhan, mungkin ibu bisa mewaspadai dari KMS tadi. Dan bila ragu bisa berkonsultasi dengan Spesialis Anak. Mas saya ini termasuk yang ringan tangan bila ibu mencari sumber online.. ada juga aspek-aspek yang mungkin luput dari pandangan saya.
tentang perkembangan baduta usia 14 bulan
Untuk perkembangan ibu masih bisa mengandalkan KPSP di blog ini untuk menilai perkembangan. KPSP adalah alat yang digunakan untuk menilai semua unsur perkembangan anak. Untuk anak ibu (namanya siapa ya?) bisa diberikan dulu KPSP untuk 12 bulan dan bila ibu sudah menjawab pertanyaan di situ, apakah ada pertanyaan yang dijawab dengan tidak? mohon diberitahukan nomer berapa. Bila sekarang semua normal, nanti pada umur 15 bulan bisa diberikan KPSP 15 bulan.
Saya tunggu perkembangan anaknya bu Maria lebih lanjut ..

Terima kasih dr Agus atas penjelasannya. 
Anak saya perempuan, namanya Adinda Putri Yasmin. Saya sudah mencoba mempelajari KPSP untuk usia 12 bulan seperti anjuran Anda. Semua dijawab dengan YA. Saya juga punya KMS dan masih mengikuti pita hijau muda. Tiap bulan beratnya naik, meski kadang2 hanya 2 atau 3 ons saja. Tinggi badannya saya tidak mengukur untuk yang terbaru. Makannya tidak banyak, tapi dia suka ngemil, jadi saya beri biskuit susu dan buah-buahan, karena itu yang paling dia sukai. Anak-anak saya semua mengonsumsi susu formula karena saya tidak bisa memberikan ASI.
Untuk anak yang paling bungsu ini, saya mengasuh dan merawat sendiri karena saya agak khawatir dengan perkembangannya sehubungan kondisinya tadi.
Oh ya, btw, saya alumnus SMAN 1 Banjarbaru. Dr Agus juga kan ya? Finally, Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin.
Mariatul K

Pertama, Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429H. Semoga kita bisa meraih kemenangan.
Yang kedua, ya betul saya mantan muridnya Pak Dar – Bu Wid. Apa mereka masih disana ya?
Yang ketiga, Putri satu bulan lagi tolong di tes dengan KPSP 15 bulan. Dan untuk saat ini berarti perkembangannya sudah sesuai usia.
Khusus tentang Berat badan
Ya, berarti masih baik. Bila di KMS ada garis mendatar cepat dikonsultasikan. Tapi juga jangan terlalu protektif. Tinggi badan dan lingkar kepala juga perlu diukur. Nanti saya ada topik tersendiri tentang ini.
Sayang ya, padahal dengan teknologi sekarang memungkinkan ibu yang tidak punya anak, payudaranya keluar susu. Tapi tidak menyusui ASI bukan berarti tidak bisa menyayangi, selama ibu (& bapaknya) bisa memberikan susu formula dengan rasa cinta kasih, itu akan sangat bermakna.
Putri sekarang sudah 14 bulan. Berarti sudah harus belajar minum di gelas. Jangan dot lagi.
Untuk makanan saya rasa cukup. Anak >1 tahun memang harus ada makanan utama. Kalau ibu merawat sendiri Putri sempatkanlah menganeka ragamkan makanan, ini akan jadi variasi bagi lidahnya sehingga tidak bosan.
Putri sangat beruntung bisa terus dijaga ibu. Terus lakukan stimulasi 12-15 bulan untuk Putri di semua aspek.
Salam.

tumbuh kembang, balita, bayi, makanan bayi, makanan anak, nutrisi bayi

NB :

Saya setuju kalo ada yang mau ngumpulkan data temen-temen dari SMAN 1 Banjarbaru. Maaf dibales disini message-nya. :-)

About these ads

About Klinik Tumbuh Kembang

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

42 thoughts on “Masalah tumbuh kembang bayi prematur

  1. Dr. Agus,
    Salam kenal. Anak saya kembar perempuan. Lahir prematur 33 bulan. BB lahir 1.65 kg dan 1.5 kg. TB 48 cm.

    Sekarang sudah 3 tahun 11 bulan. BB dan TB mereka berdua sama @ 12.5 kg dan 95 cm. Kalau saya lihat di grafik pertumbuhan ya mereka di bawah garis hijau. Soal makan, mereka suka makan apa saja (ayam, ikan, daging, sayur, buah) – tidak ada yang tidak mereka sukai. Susu 2-3 kali sehari @ 1/2 gelas karena kalau diberikan 1 gelas sering tidak habis. Mereka juga mendapatkan multi vitamin. Mereka sudah sekolah play group dan bersosialisasi / berkomunikasi dengan baik.

    1. Berapa BB dan TB yang baik untuk mereka agar tumbuh sehat?
    2. Apa tips untuk menaikkannya?

    Terima kasih.
    Yanthy

  2. kira2 bayi prematur itu mempunyai hubungan ngga dengan kejadian BGM,,maaf kalau boleh saya tau literaturnya dimana??buat menjadi bahan untuk KTI saya…lagi macet ide…terimakasih

  3. salam kenal dr.Agus,

    anak saya lahir prematur pada usia kehamilan 30 minggu dengan berat lahir 1,75 kg. saat ini dia sudah setahun tetapi belum dapat duduk sendiri. duduk tanpa berpegangan hanya bertahan sekitar 1 menit. pertanyaan saya : apakah usia yang dipakai untuk menilai perkembangan dengan KPSP adalah usia lahir atau usia koreksi mengingat dia lahir prematur?
    sebelumnya terimakasih dok

    Diana

  4. Ass dokter
    saya baru saja melahirkan anak perempuan pd usia 29minggu dgn bb 1,3kg dan skr bayinya masuk ruang nicu setelah 3 hari baru bisa dikasih asi walau cuman 1cc yang mau saya tanyakan kira2 berapa lama bayi saya harus berada diruang nicu dan faktor apa saja yg bisa membantu mempercepat bertambahnya bb bayi saya
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  5. Ass dokter
    Saya mempunyai seorang anak usianya 4,5 tahun dan sudah sekolah playgroup, pada saat dilahirkan usia kandungan saya 8 bulan dan berat badan pada saat lahir 1,5 kg. kalo dilihat dari grafik pertumbuhannya dia berada dibawah garis hijau, sampai sekarang tidak mau makan hanya susu formula saja, tentu saja saya sangat prihatin dengan kondisi anak saya, yang berat badan sekarang 13,5 kg dan tinggi 1 m.
    Pertanyaan saya adakah trik khusus menghadapi anak prematur atau dokter bisa memberikan referensi

  6. hallo dok,,
    saya mempunyai bayi prematur dengan bblr. saya melahirkan hanya 26minggu dan berat badan bayi saya hanya 836gram. skrg usia anak saya sudah memasuki 9bln dan brat badan 6,1kg dan panjang 69cm.
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara perawatan untuk bayi saya ini, karena ini adalah putri pertama saya.
    perkembangannya cukup baik seperti skrg ini dia sudah mulai tengkurap n bs berinteraksi ketika diajak bermain.
    trus saya ingin tanya lagi tentang makanan apa yg sesuai untuk pertumbuhan anak saya ini, n susu formula apa yang baik untuk dia minum. karena saya sudah sering skali ganti2 susu, dikarenakan pencernaannya kurang bagus(yaitu bab-nya keras).
    thx before

  7. ass..
    dok saya mau tanya anak kembar saya skrng usianya baru mau menginjak 10bln,mereka lahir prematur lahir dengan berat 1,7ons& 2,3ons,sampe sekarang mereka belum tumbuh gigi&blum duduk tegap,apakah perkembangan mereka itu normal dok?solusi apa yang harus saya lakukan?
    terimakasih dok

  8. ass,,
    dok, saya ibu baru. ini anak pertama saya lahir usia 36 minggu dengan BB 2,5 kg, TB 52 cm jenis kelamin laki-laki. sekarang usia 2,5 bulan dengan BB 4,5 kg bulan pertama naik 1 kg, bulan kedua naik 1,1 kg. tapi bayi saya tidak mau minum ASI semenjak lahir bahkan sampai saya melakukan terapi dan meminta bidan khusus selama 1minggu untuk melatih agar bayi saya mau minum ASI saya, hasilnya bayi saya malah makin kencang menangis dan mukanya sampai biru. setelah itu saya hentikan usaha saya dan kecewa. bayi saya sekarang minum susu formula tapi kemaren dokter mengatakan bahwa bayi saya alergi protein hewani padahal 2 dokter lainnya mengatakan tidak,, saya bingung diagnosa mana yang harus saya percaya? bayi saya nafasnya nggrok-nggrok semenjak lahir, ada batuk dan bersin meski ndak sering, bintik merah dimukanya sedikit, tapi ilang-ilang timbul dok. sebagai pengetahuan saja, kalo bayi saya habis saya bawa pindah dari pontianak ke jawa timur, menurut dokter yang lainnya bayi saya hanya kena biang keringat, tapi salah satu dokter mengatakan bayi saya alergi? bayi saya lebih suka digendong berdiri dan paling suka dimandikan. sekarang bayi saya sudah bisa mengangkat kepalanya bahkan tidur miring. mohon balasannya, terimakasih dok..

  9. asswrwb.
    dok,saya mempunyai anak prematur yang lahir wkt usia 28 minggu karena pendarahan (placenta previa)dg bb 1,4 kg.
    skrg usianya sdh 16 bln, tetapi dia belum bisa tengkurap apalagi duduk n berdiri. tetapi dia sdh bs melakukan aktivitas seperti memegang handphone, tos, dan paling suka mengamati jari-jari tangannya.saat ini dia seperti memiliki keinginan berdiri tapi kalau saya angkat kakinya seperti inginmemijak tapi badannya tidak mampu menopangnya. bagaimana ya dok solusi untuk menatasi gangguan motorik pada anak saya supaya dia bisa mengejar ketinggalannya.saya sdh sering membawa nya ke fisiotherapi tetapi tidak begitu signifikan. untuk perkembangan bicaranya, dia baru bisa mengucap ta…ta….ta..ta… dan hmm….hmmm…hmmmm. apakah anak saya bisa normal seperti anak2 lainnya? mohon balasannya dok…..

    • bu ani bagai mana perkembangang anak ibu sekarang, soalnya anak saya jg sama seperti anak ibu, tolong bu infonya trus apa aja yg ibu lakukan untuk perkembangan nya,

  10. malam dok,,,mau nanya dok anak saya umur 1,5 tahun belum bisa duduk sendiri lahir prematur 32 minggu kembar pertama 1,5kg dan kedua 1,750kg,yg pertama belum bisa duduk sendiri kakinya kadang2 kaku kalo berdiri jinjit kalo tidurnya setengah duduk dia bisa duduk sendiri kalo pegangan tapi belum tegak.tks banyak atas jawabannya dok…

  11. Siang dok, mau tanya dunk dok. saya punya anak umur 21 bulan, anak saya berat badannya 18 kg, memang menurut dokter yang menangani anak saya bila dia sakit diatas normal, tapi bila dilihat dari pola makannya anak saya termasuk anak yang susah makan, karena makannya masih makanan lunak alias bubur or nasi yang dilembikan dan harus banyak kuah, itupun sering dikeluarkan bila sudah masuk mulut, untuk susu memang anak saya doyan sekali susu, tapi sudah saya batasi untuk susu nya hanya 4 kali sehari ukuran 120 ml per botol, yang saya tanyakan mengapa anak saya cepat sekali untuk naik berat badannya walaupun sering sakit berat badannya tidak turun, hampir setiap bulan naik nya 1 kg. tks atas jawabannya dok

  12. dok, saya mau tanya..anak saya lahir premature dgn bb waktu lahir hanya 836 gram. Saya lahir hanya 24minggu krn pendarahan(krn kecapean kerja, dan saya tdk mengetahui kalau saya sdh hamil 4bln waktu itu). Anak saya perempuan..skrg dia sdh berumur 1thn 6bln. Dan dia ada masalah dimatanya krn lahir blum waktunya. Saya ingin bertanya dok anak saya ini sampai skrg blum bisa ngomong dan jalan. Tp dia aktif skali tidak bisa diam, anak saya skrg sdg belajar jalan. Tp anak saya ini sepertinya agak lambat dlm daya tangkap n tumbuh kembangnya. Apakah matanya berpengaruh terhadap otak utk daya tangkapnya?dan saya ingin bertanya lagi dok, kalo tempat utk tumbuh kembang itu dmana yah?saya mohon dijawab pertanyaannya yah dok. Terima kasih sebelumnya

    • Di Jakarta kan ya ? Coba tanya ke Klinik Tumbuh Kembang RSCM, dulu nomernya ini (021) 3916968. Anak ibu harus mendapatkan perhatian lebih, bahan bacaan disini lebih kepada anak dengan kebutuhan biasa. Mohon maaf bila kurang memuaskan.

  13. Pagi dok…
    Anak saya kembar lhr prematur hanya 32 minggu yg laki sdh meninggal dan tinggal yg perempuan dg bb 1,5 kg skrg usianya 13 bln dg bb 9 kg dan tingginya 73 cm tp blm bs duduk sendiri apalagi merangkak atau berdiri. Dia bs duduk sendiri klo turun dr kasur,sdh bs ngomong papa,apa,mbah trus bs tepuk tangan klo disuruh. Yg sy tanyakan apa perkembanganx termasuk lambat ya dok dan apa perlu fisioterapi untuk mengejar ketertinggalannya?. Oya kedua mata anak sy kena ROP,terima kasih dok mohon jawabannya

  14. Pagi dok,saya punya anak lahir prematur hanya 30 minggu,laki dengan bb 1.60kg.msk inkubator 29 hari,dan sekarang berusia 2th 7bln dengan berat 11,5kg.tapi sekarang blm bisa duduk asendiri,merangkak.sudah bisa bicara 2s/d3 kata.saya juga sudah membawanya terapi di klinik tumbuh kembang anak sejak usia 9 bln.pertanyaan saya apa perkembangan anak saya termasuk sangat lambat dan apa ada kemungkinan utk sembuh bisa duduk,jalan,seperti anak normal lainnya,kira-kira sampai usia berapa dok?mohon jawabannya dan terima kasih.

  15. salam dok,,
    saya ratna, seorang mhsswa semseter 7.sekarang ini usia saya sudah hampir 22 th novermber mndatang. saya sering merasa kesal dengan berat badan saya.oia lupa, saya ini lahir prematur lho dok. kata ibu saya, saya lahir ketikla usia kandungannya masih belum genap t bulan, dan berat saya waktu lahir tidak samapi 2 kg. nah, saat ini saya bermasalah dengan berat badan saya. saya sudah telaten memperbanyak makan, ngemil, dan bersugesti ingin makan terus. tapi badan saya tidak kunjung naik, masih 43 kg saja. karena terbiasa banyak makan, perut saya jadi agak buncit. bukannya badan saya yang tambah berisi, tapi hanyaperut yang buncit…nah, apakah saya masih bisa memiliki berat badan diatas 45 kg ya dok,,,terima kasih.

  16. Salam dok,
    Anak saya lahir prematur dengan berat badan 1,6kg masuk nicu 10 hari sekarang usianya sudah 2 tahun 2 bln tapi belum bisa berjalan.Baru bisa ngomomg papah,mamah.Kalau diajarin atau dilarang dia tau.Tinggi badannya pun sama dengan anak normal lainnya. Yang saya khawatirkan kpn dia bisa jalan, Pernah saya bawa mau fisioterapi tapi katanya paling lambat 2,5 thn dan tulangnya.Dititah dengan tangan satu pun dia mau dan kuat.Apakah dia bisa berjalan dok?

  17. Saya mau share skalian minta pendapat dr.Agus. Saya mengandung anak kembar,dr awal kehamilan saya rajin kontrol, dr ahli kandungan katakan klo janin saya yg satu terlambat pertumbuhannya. Menjelang usia kehamilan 31 mgu,terdeteksi dr hasil USG janin saya yg satu itu sudah meninggal. Dgn pantauan dr ahli tsbt saya di SC pada usia kehamilan 32 mgu krna menunggu janin yg satu cukup berat bdnny. Lahir bayi laki-laki dgn. Berat badan 1800gr. Skrg bayi saya baru mau masuk 6 bulan. Saya mulai khawatir krna sepertiny tumbuh kembangnya tertinggal. Bayi saya blum bisa tersenyum,kepalany masih jatuh tp kdg mulai tegak,pokokny blum bisa main. Gimana mnrt drAgus,baikny saya harus bawa ke klinik tumbuh kembang atau anak saya perlu penanganan lanjut soal tumbuh kembangny?

    • Untuk bayi premature memang penanganan tidak bisa disamakan dengan bayi dengan berat lahir normal (>2500). Namun demikian prinsipnya adalah tumbuh kejar. Artinya secara bertahap anak ibu harus terus meningkat berat badannya. Kendali termudah sebenarnya bisa menggunakan KMS. Dengan KMS diharapkan berat bayi terus meningkat dari BGM atau Pita Hijau Muda menjadi ke pita yang hijau lebih tua. Sampai optimal baru terus mengikuti pita hijau tua tersebut. Ibu bisa minta KMS di Posyandu terdekat. Atau ke Puskesmas.

  18. Saya ibu aysharna…..anak saya lahir prematur 6 bln kandungan,,,
    umur; 11 bln
    brt ; 1,1 kg
    pnjg ; 25 cm
    klmn; p
    berat sekarang ;
    brt ; 5 kg
    pnjg ; 60,5 cm
    apakah pertumbuhannya msh normal ya dok?apa yg hrs di kosumsi si anak biar babnya lancar.trim

    • Mengingat lahirnya memang jauh berada di bawah 2500g maka tumbuh kejarnya mungkin agak menemui kesulitan. Dan sebaiknya memang dalam masa tumbuh kejar terus dikonsultasikan kepada Dokter Spesialis Anak. Saat ini statusnya sedang Gizi Kurang. Mumpung masih setahun silakan berkonsultasi lebih sering dengan DSAnya,

  19. Salam dok,
    Saya ibu dari 3 anak laki2.Anak saya yang pertama usia 3 th. Dua bulan yang lalu saya melahirkan anak kembar scr normal dengan berat badan 1,7 dan 2,5 dari pihak rumah sakit kedua ank tsbt tidak mendapatkan suntikan hb 0.yang ingin saya tanyakan dok apa nantinya ank saya bisa mudah terkena penyakit?berat badannya sekarang dr 1,7 jd 3,6 dan yang 2,5 jd 4,4.interaksi cukup bagus

    trima kasih dok,

    • Memang bila BBLR belum bisa bisa diberikan imunisasi. Nanti masih bisa mendapatkan DPT-HB Combo. Kalau ingin mengikuti Pertumbuhan Anak bisa dengan cara yang sama dengan yang saya jelaskan di bawah ini untuk mas Andi Tri Handoko.

  20. slam knal dr.agus,anak sya lahir prematur dgn BB 1,5 kg skarang sudah usia 9 bln tapi blom seberapa bisa meraih atau memegang mainan,dia jg blom bisa tengkurap n duduk,mohon penjelasannya!

    • Mohon saya diinfokan lebih jelas.
      Jenis Kelaminnya? Tanggal lahir? Pengukuran tanggal berapa? Berat Badannya dan Panjang Badannya berapa pada pengukuran itu?

  21. dr. Agus, saya mempunyai anak umur 9+, tapi anak saya lahir prematur…. dengan bobot 1,6 kg.. skrang usianya seperti yg saya sebut diatas (9+)(BB 8kg)…. dan anak saya belum bisa duduk sendiri…apakah pertumbuhan anak saya normal, karena belum waktunya….. mohon konfirmasinya
    thanks….
    NB: sudah bisa tengkurap…. angkat kepala,topang kedua tangan…..

    • Bayi prematur memang haruis tumbuh kejar. Saya bisa diberikan data tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan sekarang.
      Juga lakukan KPSP 9 bulan. Saya tunggu datanya di sini.

      • maaf dr Agus.. ini data anak saya,
        tgl lahir : 6 juli 2011
        jenis kelamin : Laki-laki
        tinggi badan : waktu u/ 7 bln 69. sekarang saya ukur kira2 73cm.

        maaf dok… KPSP apa ya..?
        thanks….

    • Mas Andi,
      Untuk sementara berat badannya memang berada di daerah kuning, dan harus terus tumbuh kejar. Untuk mengikuti pertumbuhan berat badannya, sebagai patokan pertumbuhan bisa dengan menggunakan WHO Anthro.

      Sedangkan untuk Pertumbuhannya bisa dengan menggunakan KPSP silahkan selanjutnya melihat pada post ini. Silahkan pilih umur yang sesuai. Ikuti linknya .. lakukan questionaire-nya dan update lagi disini.

  22. lam kenal dr agus saya pny anak k 2 perempuan lhr ckp blm dg bb 2,4kg skr usia 2bln 2mggu bb 4,1 msh normalkah dr agus…kira2 hrs dijaga lbh gk spt bayi prematur karna saya tkt spt ka2ny tmbuh kembang krg gizi krn lhrny 1,9 tlg share y dr

    • Saya rasa cukup. Coba download file KMS dari blog ini atau dapatkan dari posyandu terdekat. KMS terbaru sudah ada KBM (kenaikan berat minimal) itu adalah kenaikan berat yang harus dicapai anak pada tiap bulannya.

  23. slam kenal dok, anak sy usia 9 bln lahir prematur 1.5 , skrg 5,2…tp msih kurang jg kt dokter, pdahal skrg udah pasang NGT tp BB blom max naik tp udah tengkurap, gigi udah empat dn sngt bawel, apakah pertumbuhan normal apa gmn dok ? tlng sharenya dok ?

    • Kalo dah dipasangi NGT sebenernya lebih mudah mengatur kalori. Coba konsultasikan ke dokter gizi anak. Untuk pemantauan dan stimulasi pertumbuhan mohon melihat box hijau diatas kanan dari blog ini.

  24. Selamat mlm dan slm knl dr Agus.. Nama saya resa, putra saya bernama revan..sekarang berumur 2bln 18 hari… Sehari yg lalu mlm hari putra saya dpt imunisasi DPT,polioII dan hib PRP-T.untuk dpt saya pilih yg biasa,yg dpt mnimbulkan demam dokt. Yg maw sy tanyakan.. Demam krn imunisasi dpt itu normalnya brp hari dok?bs brp x demam dlm sehari?putra saya kmren mlm dan smpai hari ini suhu badannya sdh naik 3x… Apa itu normal dr?

    • Salam Kenal. Normal. DPT itu yang menimbulkan demam adalah di P-nya (pertusis). Demam kategorinya >37,5. Dari 37 – 37,5 badan anak terasa hangat, orangtua yang khawatir biasanya langsung mengatakan ini demam. Padahal proses ini diperlukan dalam membentuk antibodi. Apakah pengukuran demam didasarkan termometer? Di Belanda, konon panas baru mulai diberi obat bila diatas 38. Panas disekitar 39-40 mungkin menandakan ada infeksi lain yang diderita anak selain efek samping vaksinasi.

  25. salam dok,,
    nma saya munzilah,, skarg umur saya 17 thn dan sya duduk dbangku kls 3 sma..
    dok sya ini pny msalh dgn kaki sya ini, jaln sy pincang karena tulang kaki yg brada dkt pnggang sya naik ktika sy brusia 7bln, wktu itu sya jatuh dari roda bayi. ktika sya sdh bsa berjln ibu sya heran dgn gya b’jln sya yg kurg normal(pincang), lalu dya membwa sya ke dr unntk mnt dpriksa, dan kta dr tsb kaki sysa sdh tdk bsa dp’baiki lg
    oh ia dok karena sya sgt penasaran dgn brta2 tentg anak prematur, saya mencoba utk mencri informasi’a di internet dan hsilnya kbanyakn ank prematur pertumbuhanya krg baik dan mentalnya jgha bruk.
    yang sya mw tnyakan,,
    apakah bnar anak prematur cenderung bermental dan pertumbuhannya buruk??

    • Tentang Kaki

      Apa waktu itu konsultasi ke orthoped? Bagaimana kalau dicoba lagi berkonsultasi.

      Tentang Prematur

      Anak prematur dibandingkan anak biasa yang berbeda adalah pertumbuhan, bukan perkembangan atau status mentalnya. Anak prematur dengan berat kurang dari 2500 (BBLR) harus catch up growth. Dalam KMS – Kartu Menuju Sehat – itu harus minimal mengikuti pita pertumbuhannya. Kalau bisa menyeberang ke pita yang di atasnya. Itu bukan pertumbuhan yang buruk, modalnya memang dari awal kurang. Jadi yang diperlukan mengejar ketertinggalannya. Sedangkan dari usia kematangannya pun diperhitungkan berdasarkan usia lahirnya dan usia perkembangan seharusnya. Mental lebih banyak lagi yang mempengaruhi. Jadi untuk mental jawabannya tidak. Sedangkan untuk pertumbuhan bisa iya bisa tidak. Tergantung intervensi yang dilakukan.

  26. siang dok,
    anak saya usia 13 bulan lahir prematur yaitu 34minggu.bb lahir 2kg. yang mau saya tny kan sampai sekarang giginya msh belum tumbuh dan masih merangkak, apakah ini masih normal dok? mohon sarannya,trm ksh

  27. Bs ty jg gak dok, anak sy cw lahir usia masuk 35w bb 2,7 tp dgn masalah eventrasio diafragma jd membuatnya sesek dan haru operasi diafragma usia 1 bln, sblom operasi bb merosot s/ 2,4, krn sulit u/ mimi, setelah operasi kondisi sangat baik full asi, dan mulai bs mengejar bb nya dr mulai operasi s/ skrg usia 6 bln bb slalu naik meski paling byk hy 500gr/ bln skrg bayi sy usia 6 bln 5,8kg, yg mau sy ty perkembangan berat badan dan motorik nya agak berbeda dgn kakaknya, klo kakaknya diusia ini sdh bs guling2 pegang mainan, klo ini bayi sy bs tengkurep tp jarang,lbh sering di bantu, dan blom bs meraih dgn baik, apakah msh normal melihat latar blkgnya? Dia ceria sering tertawa meski jrg mengeluarkan suara, sk mainin jari, masukan tangan ke mulut dan angkat kaki, angkat kepala jg sdh pintar, terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s