Stimulasi pada bayi umur 3-6 bulan

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

Stimulasi perlu dilanjutkan.

Menyangga berat

Angkat badan bayi melalui bawah ketiaknya ke posisi berdiri. Perlahan-lahan turunkan badan bayi hingga kedua kaki menyentuh meja, tempat tidur atau pangkuan anda. Coba agar bayi mau mengayunkan badannya dengan gerakan naik turun serta menyangga sebagian berat badannya dengan kedua kaki bayi.

Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala

Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

Duduk

Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

Memegang benda dengan kuat.

Letakkan sebuah mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah di tangan bayi. Setelah bayi menggenggam mainan tersebut, tarik pelan-pelan untuk melatih bayi memegang benda dengan kuat.

Memegang benda dengan kedua tangan.

Letakkan sebuah benda atau mainan di tangan bayi clan perhatikan apakah ia memindahkan benda tersebut ke tangan lainnya. Usahakan agar tangan bayi, kiri dan kanan, masing-masing memegang benda pada waktu yang sama. Mula-mula bayi dibantu, letakkan mainan di satu tangan dan kemudian usahakan agar bayi mau mengambil mainan lainnya dengan tangan yang paling sering digunakan.

Makan sendiri

Beri kesempatan kepada bayi untuk makan sendiri, mula-mula berikan biskuitnya sehingga bayi bisa belajar makan biskuit.

Mengambil benda-benda kecil

Letakkan benda kecil seperti remah-remah makanan atau potongan-potongan biskuit di hadapan bayi. Ajari bayi mengambil benda-benda tersebut. Jika bayi telah mampu melakukan hat ini, jauhkan pil, obat dan benda kecil lainnya dari jangkauan bayi.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

Mencari sumber suara

Ajari bayi agar memalingkan mukanya ke arah sumber suara. Mula-mula muka bayi dipegang dan dipalingkan perlahan-lahan ke arah sumber suara, atau bayi dibawa mendekati sumber suara.

Menirukan kata-kata.

Ketika berbicara dengan bayi, .ulangi beberapa kata berkali-kali dan usahakan agar bayi menirukannya. Yang paling mudah ditirukan oleh bayi adalah kata papa dan mama, walaupun ia belum mengerti artinya.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

Bermain “Ciluk-ba”

Pegang saputangan/kain atau koran untuk menutupi wajah anda dari pandangan bayi. Singkirkan penutup tersebut dari hadapan bayi dan katakan “ciluk ba” ketika bayi dapat melihat wajah anda kembali. Lakukan hal ini berulang kali. Yang penting, usahakan bayi tidak dapat melihat wajah anda untuk beberapa saat dan tiba-tiba wajah anda muncul kembali dengan gembira dan berseri-seri. Cara lain adalah mengintip bayi dari balik pintu atau tempat tidurnya.

Melihat dirinya di kaca

Pada umur

ini, bayi senang melihat dirinya di cermin. Bawalah bayi melihat dirinya di cermin yang tidak mudah pecah.

Berusaha meraih mainan

Letakkan sebuah mainan sedikit diluar jangkauan bayi. Gerak-gerakkan mainan itu didepan bayi sambil bicara kepadanya agar ia berusaha untuk mendapatkan mainan itu. Jangan terlalu lama membiarkan bayi berusaha meraih mainan tersebut, agar ia tidak kecewa.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

About these ads

About draguscn

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

6 thoughts on “Stimulasi pada bayi umur 3-6 bulan

  1. Salam kenal Dok..bayi saya sekarang berumur 5 bulan 1 minggu…dulu lahir pada 37 minggu…sekarang bayiku belum bisa tengkurap, apalagi berguling…tp jika saya tengkurapkan sdh mulai mengangkat2 kepalanya dgn bertumpu pada dada bukan dgn tangan..apakah bayi saya mengalami tumbuh kembang yg lambat? apakah terpengaruh oleh waktu lahirnya yg blm 40 minggu? cara apa yg bs saya lakukan dok? terimakasih banyak..

    • Bagaimana keadaan anak ibu sekarang? Maaf pertanyaan ini tidak terlihat. Silahkan menuju usia stimulasi dan KPSP yang tepat. Stimulasi untuk melakukan rangsangan pada gerak anak sedangkan KPSP untuk menilai apakah bayi/anak sudah on the right track. Mohon disesuaikan dengan umur yang sudah dilewati untuk KPSP.

  2. wuah seneng bgt dpt link ini. ternyata bayi saya 4m 12d tumbuh sesuai perkembangan umurnya, malah lebih cepat. BB 7,5 dan panjang 6,9cm. skrg bayi saya sudah mengerti apabila diajak bicara, suka mendengarkan musik dan mampu memegang benda. di usianya skrg dia sudah tengkurap dan mampu membalikkan badannya sendiri. berguling2 dikasur salah satu fave-nya.

    oya dok, bayi saya suka sekali tdr dgn posisi tengkurap. berbahayakah??mohon advisenya

  3. dok cara untuk menstimulasi baby supaya mw berguling gmn ya?
    baby N saat ini umurnya 3m2w3d bb terakhir 7,9 untuk miring kanan kiri juga belum sering, kadang harus dimiringkan terlebih dahulu dan bisa tengkurap tetapi tangannya slalu sangkut di badannya,, itu gmn menstimulasinya y dok? dari tengkurap ke telentang juga blom bsa dok.. thx b4.. GBu

  4. salam kenal dok,,
    babyq 4m14d suda bisa tengkurap dengan angkat kepala sambil muter2in kepala kekanan&kiri tp belum bisa berguling2&telentang sndri dok,baby suka muter2 jou untuk mengambil mainannya yg disukai,menggenggam n memasukan mainan kmulutnya,oia dok babyq da bisa ciluba cendiri+ngomong dengan kata conto memanggil papa,kalau nenen bilang minta,bagaimana stimulasi anak saya agar bisa berkembang sesuai umurnya,makasi sebelumnya dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s