Stimulasi pada bayi umur 0-3 bulan

 

| Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.

Gendong bayi dalam posisi tegak agar ia dapat belajar menahan kepalanya tetap tegak.

Gerak Kasar | | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

lkat sebuah tali menyilang di atas tempat tidur bayi. Gantungkan pada tali tersebut benda/mainan berputar atau berbunyi, berwarna cerah. Bayi akan tertarik dan melihat, menendang atau menggapai mainan tersebut. Pastikan benda tersebut tidak bisa dimasukkan ke mulut bayi, dan tali tidak akan terlepas dari ikatannya.

Bayi senang memperhatikan wajah seseorang, gambar, benda atau mainan menarik berwarna cerah. Dekatkan wajah anda, gambar, mainan menarik ke wajah bayi agar ia melihat dan memperhatikannya. Perlahan-lahan gerakkan wajah anda atau benda-benda itu ke sisi kanan dan kiri sehingga bayi ikut memperhatikannya.

Pangku bayi di dekat sebuah meja, kemudian jatuhkan sebuah benda kecil (misal : kacang) dari atas meja, tepat di depan bayi anda. Anda juga dapat memutar benda itu di atas meja dan melihat apakah bayi anda memperhatikannya.
Jaga bayi anda agar tidak menelan benda itu, karena bisa menyebabkan tersedak.

Letakkan benda/mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah di tangan bayi atau sentuhkan benda tersebut pada punggung jari-jarinya. Amati cara ia memegang benda tersebut. Hal ini berhubungan dengan suatu gerak reflek.
Semakin bertambah umur bayi, ia akan semakin mampu memegang benda-benda kecil dengan ujung jarinva (menjimpit). Jaga agar benda itu tidak melukai bayi atau tertelan dan membuatnya tersedak.

Ajak bayi meraba dan merasakan berbagai bentuk permukaan seperti mainan binatang, mainan plastik, kain-kain perca, karet dan sebagainya. Bayi anda mungkin memasukkan benda-benda itu ke mulutnya, maka pastikan bahwa benda-benda itu tidak terlalu kecil atau mudah disobek dan ditelan

Gerak Kasar | Gerak Halus | | Sosialisasi & Kemandirian

Setiap hari, bicara dengan bayi sesering mungkin. Gunakan setiap kesempatan seperti waktu memandikan bayi, mengenakan pakaiannya, memberi makan, di tempat tidur, ketika anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Bayi tidak pernah terlalu muda untuk diajak bicara.

Tirukan ocehan bayi sesering mungkin, maka ia akan menirukan kembali suara anda.

Ajak bayi mendengarkan berbagai suara seperti musik, radio, TV, orang berbicara dan sebagainya. Jugs buatlah suara dari kerincingan, mainan yang dipencet atau bel. Perhatikan, bagaimana reaksi bayi terhadap suara yang berlainan.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa |

Sesering mungkin peluk dan belai bayi, bicara kepada bayi dengan nada lembut dan halus, setts penuh kasih sayang. Sesering mungkin ajak bayi dalam kegiatan anda. Ketika bayi rewel, cari sebabnya dan atasi masalahnya.

Sesering mungkin ajak bayi tersenyum dan tatap mats bayi. Balas tersenyum setiap kali bayi tersenyum kepada anda. Bust suarasuara yang menyenangkan dan berbicara dengan bayi sambil tersenyum.

Gendong bayi berkeliling sambil memperlihatkan/menunjuk benda-benda yang berwarna cerah atau bercahaya. Sangga bayi pada posisi tegak sehingga ia dapat melihat apa yang terjadi di sekitarnya.

Perhatikan apa yang dilakukan oleh bayi, kemudian tirukan ocehan dan mimik mukanya. Selanjutnya bayi akan menirukan anda.

Untuk menenangkan bayi dan anda bisa santai, ayunkan bayi dalam kursi ayun. Tetap berada dekat bayi sehingga ia dapat meraba wajah anda dengan tangannya. Belai bayi dengan penuh kasih sayang dan bicara padanya dengan nada lembut.

Ketika menidurkan bayi, bersenandunglah dengan nada lembut dan penuh kasih sayang, ayun bayi anda sampai tertidur.

Gerak Kasar | Gerak Halus | Bicara & Bahasa | Sosialisasi & Kemandirian

About these ads

About Klinik Tumbuh Kembang

doctor | blogger | social media junker | father of three cute children | coffee addict

33 thoughts on “Stimulasi pada bayi umur 0-3 bulan

  1. Dok,saya mau tanya.. Kata teman saya, bayi yg memang blm bisa tegak, jangan diposisikan digendong sambil posisi tegak ato semi berdiri. Katanya nanti dia bisa susah kencing. Apa betul begitu dok?
    Trus, saat saya mencoba mentengkurapkan ananda (2bln 1 mgg), koq bukan lehernya yg naik2, tapi dia malah nendang2 kaki seolah2 mau maju ya? Apakah pas belajar tengkurap itu posisi dada bayi disangga bantal kecil ato justru sebaiknya tidak disanggah? Thx..

  2. @ Tika
    Salam kenal, bu Tika.
    Saya tidak tahu apakah itu karena pengalaman buruk yang pernah dialami oleh teman ibu tersebut. Menurut ilmu kedokteran, rasanya tidak relevan antara menggendong bayi dengan kesulitan buang air kecil. Jadi menurut saya itu termasuk mitos saja.
    Ibu melatih anak tengkurap harus di bidang datar, jangan diganjal apapun. Kalo kakinya yang bergerak menendang, biarkan saja. Bila sudah capek, lanjutkan stimulasi pada pada kesempatan lain. Memang perlu waktu bagi bayi untuk melatih ototnya yang belum bisa bergerak sesuai keinginannya. Satu hal yang kadang sering terjadi adalah kita dianggap tegaan terhadap bayi kita yang masih “kecil mungil”. Anak saya yg pertama dan kedua, baru umur beberapa hari sudah tidur miring sehingga kurang dari sebulan saya sudah mengajarinya untuk tengkurap. Tapi yang ketiga tidurnya selalu telentang, dan pada saat ditengkurapkan juga tidak secepat kedua kakaknya. Jadi setiap perkembangan spesifik pada anak. Untuk itulah ada patokan-patokan umum. Nah pada urusan tengkurap sampai dengan anak bisa mengangkat kepala, berlaku sampai dengan 3 bulan. jadi ibu masih memiliki waktu yang cukup dengan Ananda.
    Selamat bermain.

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    dr Agus, bayi saya usianya sekarang 14 bulan. Lahir pada usia kehamilan 34 minggu dg cara cesar dengan berat lahir 3,2 kg. Menurut saya, anak bungsu saya ini cenderung lebih mudah sakit dibanding kakak2nya. Apa karena lahir prematur ya? Tapi perkembangan fisik dan mentalnyanya normal. Gigi pertama tumbuh pada usia 8 bulan, mulai berjalan di usia 13 bulan. Sudah bisa ngomong beberapa patah kata dengan lengkap, misalnya mama, bapa, aa, kai, nini, mama, mimih (pipis), minta, dadah, dsb. Tapi berat badannya lambat sekali. Sekarang baru 8,2 kg. Normal kah anak saya? Terima kasih.

    Maria

  4. Terima kasih dr Agus atas penjelasannya.
    Anak saya perempuan, namanya Adinda Putri Yasmin. Saya sudah mencoba mempelajari KPSP untuk usia 12 bulan seperti anjuran Anda. Semua dijawab dengan YA. Saya juga punya KMS dan masih mengikuti pita hijau muda. Tiap bulan beratnya naik, meski kadang2 hanya 2 atau 3 ons saja. Tinggi badannya saya tidak mengukur untuk yang terbaru. Makannya tidak banyak, tapi dia suka ngemil, jadi saya beri biskuit susu dan buah-buahan, karena itu yang paling dia sukai. Anak-anak saya semua mengonsumsi susu formula karena saya tidak bisa memberikan ASI.
    Untuk anak yang paling bungsu ini, saya mengasuh dan merawat sendiri karena saya agak khawatir dengan perkembangannya sehubungan kondisinya tadi.
    Oh ya, btw, saya alumnus SMAN 1 Banjarbaru. Dr Agus juga kan ya?
    Finally, Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    Mariatul K

  5. Pak dr. Agus
    Mau ikutan bertanya, tapi bayiku yang bungsu sudah umur SMP kelas 3, gimana ya… .
    Tapi anak saya yang ke-3, kakak si bungsu itu, memang tengkurap sejak bayi… sampai dia di Mahasiswa kini ia lebih suka tengkurap ! Bentuk kepalanya sempurna dari 4 bersaudara.
    Salam
    Sjahrir Hannanu

  6. Jadi cumam (cuma mampir) ? Ya pak meski banyak bukti empiris bilang begitu tapi kok belum kedengaran ada penelitian ilmiah yang membuktikan cara tidur berkaitan dengan bentuk kepala.
    Salam

  7. Pingback: Masalah tumbuh kembang bayi prematur

  8. dok…saya mau ikut tanya

    anak saya fatiha umur 2 bulan 3 minggu.terakhir timbang saat 2 bulan, beratnya 5,6 kg dan panjang 60,5. kalo kentut sering mengejan. buang air besarnya juga tidak tiap hari. kalo buang air besar juga mengejan. apakah itu normal?
    terimakasih dok

  9. Pingback: Stimulasi pada bayi umur 3-6 bulan « Pieces of Mind

  10. Asslm.trmksih informsiny. Mau tanya,
    ank sy usia 2 bln 2 minggu,blm bsa tengkurap,bru bsa mring sja. Kira2 trlmbat ga perkmbganny? Maksud d gndog posisi tegak tuh yg bgaimana? Stgah du2k ato gmana? Trmksh

  11. Dok,anak saya skrg 2 bln 4 hr..
    Knp ya msh tdengar ada suara dahak dipernapasannya,trus biasa ad suara “ngit” di hidungx low dia bernapas. Trus bpengaruh gak ama krn dia lm d PAP wkt lahir jd napasx gitu krn dia pke O2..
    Trus aman gak sih pake AC??
    Anak saya wktu lhir BBx 3,8 tp stlh 2 bln hanya 4,8kg..
    Low BAB kyk nyemprot tp dia kuat nyusux(AsI) en ceria..
    Dlm sehari dia BAB lbh dr 4 kali dan biasanya kalo dia nyusu,dia BAB jg dlm wktu yg bsamaan..
    Ada yg slh ya dok??
    Wktu bru umurx 10 hr dia dah bs ngangkat kepalax en dah bs diajak bcr en senyum..

  12. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Salam kenal dok. Terima kasih infonya. Saya ibu baru dan anak saya berusia 2 bulan 4 hari. Dan saya akan mempraktikkan stimulasi di atas. Saya udah follow blog ini.

  13. Dok, saya mau tanya..
    Anak saya 4 bln 2mg skr beratnya 6 kg, tp blom bs tengkurap sendiri, dan yg plg membuat saya cemas jarang skali tersenyum apalagi tertawa sampai bersuara, bahkan digelitiki pun tdk tertawa jg. Apakah ini normal dok? Saya pny keponakan br 3 bln tp sdh bs tetawa dan bersuara.

    O ya dok, anak pertama sy sdh 6 th tp hiperaktif dan retardasi mental ringan, suka tiba2 berteriak dan blom bs bicara, dia sering membuat tidur adiknya jd terganggu dan kaget2, sehingga klo siang tdrnya hanya 15mnt kebangun dan plg lama 1 jam. Jd total tidur siangnya hanya kurleb 3jam. Apakah kekurangan tdr dan sering kaget ini akan berbahaya bagi bayi?
    Tolong bantuannya dok, terima kasih.

    • Wah masalahnya cukup berat untuk saya yang nangani. Mungkin sebaiknya mencari pertolongan spesialis, yang cocok adalah psikolog anak atau psikiater. Karena ini bidang kerja mereka.

      Untuk sekedar menjawab pola tidur, anak umur di bawah 1 tahun biasanya masih sangat memerlukan tidur sebanyak 18 jam sehari, Itu pertimbangan saya untuk menyatakan kurang. Tapi selanjutnya ada baiknya berkonsultasi dengan yang lebih spesifik bidangnya,

  14. makasih bgt, pak untuk semua tulisan bapak. Berguna sekali u/ new mom seperti saya :).
    Kalau menengkurapkan bayi bisa di atas matras kan ya? Tidak harus di bidang yg rata & keras. Terima kasih :)

    • iya maksudnya keras itu matras. Bukan kasur atau bahkan springbed, karena akan meresorbsi beban sehingga anak tidak menumpu. Oya perhatikan keamanan tiap stimulasi tapi jangan memperlakukannya seperti boneka porselen. :D

  15. Halo Dok, mau nanya, bayi kami usia 19D, super aktif, genggaman tangan sudah keras dan tendangan serta pukulannya sudah kencang, bahkan sudah berusaha geser2 badan, miring kepala dan badan, sebenarnya pada usia segitu sudah aman blm buat dia untuk miring dan tengkurap.. Atau harus menunggu sampai 1m atau 40D? Thnx dok

    • Semua stimulasi diatas aman untuk bayi 0-3 bulan. Kecuali yang ada batasan usianya. Silakan distimulasi dulu. Lebih baik sedini mungkin. Jangan menunggu sampai 40 hari.

  16. Salam dokter..bayi saya sekarang usia 1 bulan 2 minggu..mau tanya tahap perkembangan yang normal untuk indra pendengaran dan penglihatannya seperti apa ya. Saya perhatikan seringnya dia merespon suara hanya dari sebelah kanan ( kebiasaan tidur bayi saya menghadap ke kanan)..saya khawatir apa ada yang kurang beres dengan indra pendengarannya atau karena kesenangannya menolehkan kepala ke kanan.
    Terimakasih sebelumnya….^^

  17. Asw dok,
    Mau tanya bayi saya 3m 4d,dia kalo tidur suka sekali miring ke kanan smp kalo digendong berdiri pun dia selalu nengok ke kanan,qt suka pancing dgn bunyi2an supaya bisa noleh ke arah kiri,dia ikutin tp cm smp tengah abs itu dia nyungsep di dada n lsg ngga nyaman…kira2 masih bisa dilatih ngga yaa?makasi sebelumny

    • Masih sangat memungkinkan .. Silakan terus divariasikan geraknya. Kecuali bila ada kelainan anatomis baru kita harus melihat lagi apa saja yang perlu diperiksa. Kalo tidak ada, variasi gerakan tadi cukup.

  18. dokter, bayi saya usia 4 bln 2 minggu. tp blm bisa angkat kepala. untuk gerakan tangan kaki sangat lincah, dan suara juga sering teriak teriak. stimulasi apa yang harus sy lakukan y dok,supaya anak saya bisa angkat kepala. trims

  19. Dokter anak saya umur 2bln 2hr wktu lahir beratnya 2,5kg pjg 48 kmrn ditimbang beratnya 4,6kg yg sy mau tanya dok anak sy kok susah sekali sendawa y dok setiap habis minum susu sudah sy cb macam2 cara dia kok seperti gak nyaman gt dok jd saya harus gmn y dok itu normal g y ohya kdg klsdhsendawa dia jg suka gumoh dok mohon infonya ya dok

    • Dok mohon dong di jawab terima kasih soalnya bbrapa hari setelah lebaran kami brencana brgkt menggunakan pesawat saya takut anak saya knp2 makasih sekali lg dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s